Mendayung Perahu Sebelum Tidur

Keponakanku yang lucu, si Maia, ada saja kegiatannya sebelum tidur. Menata puzzle, ngamen dengan gitar mainannya, main trampoline di tempat tidur, maen lempar bola atau berpura-pura naik perahu dengan bantal dan gulingnya.

Ia termasuk hemat dalam jam tidurnya. Tidurnya cukup larut untuk ukuran anak tiga tahun, sekitar pukul 23.00. Namun, bangunnya lumayan pagi, rata-rata pukul 07.00. Baru sekitar 7 jam kemudian ia me-re charge energinya dengan tidur siang 2-3 jam.

Suatu kali pada pertengahan Mei aku menginap di rumahnya di bilangan Lippo Cikarang. Jarum jam telah menunjukkan pukul 22.30, aku masih belum mengantuk dan asyik menata puzzle yang cukup rumit. Sementara kakakku, suaminya dan Maia sudah bersiap-siap tidur.

Di tengah-tengah kesibukanku mengutak-atik puzzle, pintu ruang tidur kakakku terbuka. Seraut wajah dengan senyum cerah terlihat kemudian. Ia menghampiriku dan sibuk memberi petunjuk letak puzzle, yang malah merepotkanku. Sadar diacuhkan, ia tidak putus asa. Ia mengambil bolanya dan melemparnya ke arahku. Aku pura-pura tidak tahu. Ia laluberbalik ke ruang tidur dan aku berpikir ia telah menyerah.

Ternyata dugaanku salah. Lima menit kemudian muncullah perahu dayung mengitari sungai menuju pulauku. Wah, si Maia berpura-pura jadi Dora, tokoh idolanya. Kakakku yang melihat ulah anaknya, berteriak-teriak memanggilnya, takut bantal dan gulingnya kotor.

Rupanya si Maia ingin tidur bersamaku. “Mau tidur sama Tante Dewi,” ucapnya. Aku sedikit terharu, mungkin ia kangen sama tantenya. Lalu kami bertiga tiduur di kamar yang sama, aku, Maia dan pembantu kakakku.

Lampu kami matikan, aku telah hampir melalang kea lam mimpi, ketika Maia sibuk membangunkan kami. Raut wajahnya menunjukkan mimic ketakutan. ‘’Kembali ke Ibu,’’ ujarnya. Ya, kami lalu membuka pintu kamar. Maia kemudian asyik mendayung perahunya menuju kamar ibunya. Selamat tidur Maia.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 23, 2008.

4 Tanggapan to “Mendayung Perahu Sebelum Tidur”

  1. wi kapan artikel maia sing terbaru wii

  2. hahaha, ada2 aja ulah si maya, kapan ya kenalan ma tante ika??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: