Investasi Aman dan Menguntungkan

duit

Bagaimana Investasi yang Aman dan Menguntungkan? Tajuk yang menarik di tengah krisis global yang melanda dunia, termasuk Indonesia. Tak heran bila seminar ini banyak diminati mahasiswa Universitas Trisakti. Sekitar 220 mahasiswa menyimak dengan seksama penuturan Direktur Investasi Taspen Taufik Hidayat yang menjadi narasumber di seminar yang diadakan di Auditorium Gedung Hendriawan, Trisakti, 14 April 2009. Mengawali seminar, Taufik menekankan bila return berbanding lurus dengan risiko. ’’Tidak ada investasi yang returnnya tinggi, tetapi risikonya nol,’’ tegasnya. Namun, lanjut Taufik, kita tetap bisa mendapatkan retun optimal dengan risiko rendah, bila dapat mengelolanya dengan baik. Pengelolaan investasi bergantung pada tujuan dan horizon alias waktu penyimpanan. “Tiap-tiap individu mempunyai tujuan yang berbeda untuk investasi,” ucapnya. Seorang yang masih berusia 35 tahun akan memiliki jenis investasi yang berbeda dengan mereka yang berusia 45 atau yang telah pensiun.

Taufik kemudian mencontohkan perusahaan asuransi. Di perusahaan yang bergerak di bidang asuransi, seperti Taspen, pengelolaan investasi diatur oleh liabilitas (kewajiban perusahaan untuk membayar), seperti kewajiban membayar klim kepada peserta. Karena itu, ujar ia, pengelolaan dana pensiun selain bersifat jangka panjang juga mempertimbangkan aspek likuiditas.

Diversifikasi portofolio juga ditekankan Taufik. Pepatah yang terkenal yaitu “Do not put your eggs into one basket”. Kaitannya dengan dunia perinvestasian, jangan berinvestasi di satu instrumen, namun diversifikasi portofolio. Tujuannya, untuk mengurangi risiko. Misalnya, berinvestasi sebagian di saham dan obligasi pemerintah, sebagian lainnya di reksadana dan deposito. Tentang cara berinvestasi, ada dua cara, mengelola sendiri atau menggunakan jasa manajer investasi. Apabila menggunakan jasa manajer investasi maka harus lebih berhati-hati. ’’Perhatikan kredibilitas perusahaannya dan track record si manajer investasi,’’ pesannya. [pus/sr]

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada April 15, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: