Madonna: Lagu-lagu Apik dalam Empat Dekade Berkarir

madonna-toba

Siapa yang tidak kenal dengan diva satu ini? Sejak kehadirannya di pentas musik dunia tahun 1980-an, ia membuat banyak telinga menantikan lagu-lagunya. Di luar berita-berita tentangnya yang sensasional, sebenarnya ia musisi dan penyanyi yang cerdas. Lagu-lagunya cukup bervariasi dan banyak di antaranya yang menjadi hits. Dalam empat dekadenya berkarir, lagu Madonna yang paling saya sukai adalah Time Stood Still, tapi lagu yang membuat saya mulai menyukai Madonna adalah I’ll Remember.

Kakak sayalah yang mengenalkan dengan lagu soundtrack film bertajuk With Honors ini. Suara Madonna yang khas membuat lagu dengan lirik sederhana ini tampil apik. And I’ll remember the love that you gave me, now that I’m standing on my own. I’ll remember the way that you changed me. I’ll remember. Lagu jadul Madonna yang saya sukai termasuk “Secret” yang nampak muram tapi tidak untuk “Who’s that girl” yang konyol. Waktu itu, tahun 1990-an, ada juga film bertajuk “Who’s That Girl” dan filmnya juga konyol jika tidak bisa dibilang hancur hehehe.

Nah, tentang lagu favorit saya, Time Stood Still, ketika mendengar lagu ini, saya seperti diajak menikmati suasana danau dengan berlatar pegunungan. Bayangan saya seperti ketika menjelajah Telaga Warna di Dieng atau menikmati suasana pagi hari di Danau Toba pada saat cuaca cerah. Lagu ini membuat saya damai sehingga saya juga mendengarnya saat sedang jenuh atau menjelang tidur.

Saya menyukai lagu ini sejak kelas 2 SMU, namun baru berhasil menemukan lagunya beberapa tahun silam. Meski terdengar damai, lagu ini sebenarnya adalah lagu patah hati yang sedih. Lagu ini masuk dalam daftar soundtrack film The Next Best Thing. Berikut cuplikan liriknya.

Despair, regret, and tenderness, is what I feel for you
I loved you from the very start, what else could I do
You read my mind, you made me cry, time stood still
And now I know the reasons why, time stood still

madonna

Lagu Madonna berikutnya yang saya sukai yakni ‘Sanctuary’. Lagu ini menjadi salah satu lagu yang dipelajari di kuliah World Music yang diadakan Coursera, dimana musiknya terpengaruh oleh musik etnik Afrika Tengah. Lagu cinta kepada seseorang atau juga bisa diartikan cinta kepada alam yang masuk dalam album Bedtime Stories ini menurut saya unik karena adanya alat musik etnik tersebut dipadukan dengan gaya Madonna yang nge-dance.

Who needs the sun, when the rain’s so full of life
Who needs the sky
It’s here in your arms I want to be buried
You are my sanctuary

Satu album dengan Sanctuary, lagu yang asyik adalah Take a Bow dan You’ll See. Madonna dalam video klipnya nampak cantik nan anggun. Video klip Take a Bow adalah pertunjukan matador dimana liriknya ditujukan ke matador yang populer di Spanyol namun sebenarnya kesepian. Sedangkan You’ll See tentang seorang gadis yang akhirnya memiliki kekuatan untuk meninggalkan hubungan yang rupanya membelenggunya. Saya suka dengan reff Take a Bow:
I’ve always been in love with you – always with you
I guess you’ve always known it’s true – you know it’s true
You took my love for granted, why oh why
The show is over, say good-bye

Karya Madonna lainnya yang asyik dinikmati adalah Frozen yang video klipnya bernuansa gelap dan misterius. Keren banget video klipnya. Madonna seperti tukang sihir. Liriknya menurut saya juga cukup dalam, bukan hanya tentang hubungan pria-wanita. Lagu ini seingat saya diluncurkan sebelum lagu The Power of Goodbye yang juga bernuansa muram.

Sebelum Frozen, sekitar tahun 1996, Madonna pernah didapuk menjadi Evita Peron dalam film bertajuk Evita. Di sini Madonna tampil berkelas dan lagunya yang saya suka bukan Don’t Cry for Me Argentina, melainkan You Must Love Me.

Lagu-lagu pada era 2000 yang masih asyik di kuping yakni Beautiful Stranger (OST Austin Power) dan Don’t Tell Me yang memiliki video klip ala cowboy. Selain memiliki ketertarikan dengan musik-musik etnik, rupanya Madonna pernah membuat lagu yang terinspirasi dari yoga taravali, yaitu pada lagunya bertajuk ‘Shanti’ yang berarti damai. Hemmm saya jadi ingat teman kuliah saya yang bernama Shanti.

Lagu-lagu Madonna yang Apik:
1. Time Stood Still
2. I’ll Remember
3. Take a Bow
4. Frozen
5. Sanctuary
6. You’ll See
7. You Must Love Me
8. Secret
9. Don’t Tell Me
10. The Power of Goodbye
11. Beautiful Stranger

Keterangan foto Madonna: www.muzikdinleriz.biz

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Januari 9, 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: