Van Halen: Band 80-an yang Tetap Eksis

VAN_HALEN_BALANCE_ALBUM_COVER

Van Halen band rock yang identik dengan gitarisnya Eddie Van Halen sudah lama musiknya tidak saya dengar. Sejak hitsnya  Humans Being, saya sudah lama tidak mengamati perkembangan musik mereka.Rupanya mereka telah mengeluarkan album baru pada tahun 2012 dan kini sibuk tur keliling dunia. Wah band tahun 80-an ini memang hebat dan tetap eksis

Humans Being memang dahsyat. Saya sangat menikmati permainan solo gitar Eddie yang tidak hanya menderu-nderu, melengking cepat tapi juga menimbulkan suasana seperti berada dalam angin kencang. Porsi solo gitar dalam single ini memang cukup banyak dan itu malah membuat lagu ini sangat keren. Untuk vokalnya, meski porsinya tidak banyak, racikannya pas. Suara tinggi si vokalis, Sammy Hagar bersanding dengan suara berat Eddie van Halen nampak serasi. Lagu ini memang cocok banget jadi soundtrack film Twister yang bertemakan pemburuan angin topan. Meski durasinya lima menit lebih, lagu ini tidak membosankan. Dan saya setuju jika lagu ini menjadi salah satu lagu original soundtrack terbaik.

Untuk lagu Van Halen lainnya memang saya kurang begitu memperhatikan, kecuali album Balance dimana I Can’t Stop Loving You berada. Ya, album itu milik kakak saya. Cover albumnya keren tentang dua anak kembar siam membentuk huruf V. Satu lagu album yang kami miliki yaitu album The Best-nya yang memajang lagu When It’s Love, Humans Being, Poundcake, Right Now, Dreams, juga Jump yang kondang.

Van halen digawangi oleh duo Van Halen yakni Eddie Van Halen (gitar) dan Alex Van Halen (drum). Bahkan sekarang anak Eddie, Wolfgang van Halen ikut bergabung. Mereka terbentuk tahun 1972 di Pasadena, Amerika. Vokalis awal mereka adalah David Lee Roth, kemudian digantikan Sammy Hagar dan si David Lee Roth kembali lagi dan mengeluarkan album a Different Kind of Truth tahun 2012.

van halen now

Lagu Can’t Stop Lovin’ You sangat kondang pada tahun 90-an. Di festival band lagu ini seolah menjadi salah satu lagu wajib. Lagunya memang easy listening dan lebih lembut dibanding lagu Van Halen lainnya. Di sini suara serak tinggi Sammy Hagar lah yang membuat lagu ini naik kelas. Juga permainan gitar Eddie di beberapa bagian, meski porsinya tidak begitu banyak.

Pada album Balance, lagu Don’t Tell Me (What Love Can Do) juga asyik didengar. Bahkan dulu karena agak bosan mendengar lagu Can’t Stop Lovin’ You saya malah lebih suka mendengar lagu tersebut.

van halen best

Hingga saat ini lagu Can’t Stop Lovin’ You masih sering diputar di radio dan saya rupanya masih cukup hafal dengan liriknya.

Untuk When It’s Love, atmosfer lagu ini berasa tahun 80-an seperti Final Countdown. Sedangkan Jump yang melambungkan nama Van Halen lebih berwarna.

 

Lagu Terbaik Van Halen:

1. Humans Being

2. Don’t Tell Me (What Love Can Do)

3. Can’t Stop Lovin’ You

4. When It’s Love

5. Jump

6. Right Now

Keterangan foto:

1. Cover Balance: diambil dari chrisgossett.com

2. Cover Best Volume 1: diambil dari http://www.amazon.com

3. Band Van Halen : diambil dari http://www.showbiz411.com

~ oleh dewipuspasari pada April 7, 2014.

Satu Tanggapan to “Van Halen: Band 80-an yang Tetap Eksis”

  1. JUMP .. Lee Roth, jump ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: