Menjadi Lebih Bahagia dengan Mengubah Tulisan Tangan

kenali kepribadian

Masih ingat tidak sekitar tahun 90-an masih jamak orang membuat surat lamaran bekerja dengan menggunakan tulisan tangan. Konon, dari analisa tulisan tangan itulah perusahaan-perusahaan besar menyaring karyawannya. Saat ini metode tersebut mulai ditinggalkan. Namun, masih banyak yang percaya bila tulisan tangan dapat mengungkap kepribadian seseorang. Termasuk, mengubah karakter dan nasib seseorang. Benarkah tulisan tangan bisa mengubah seseorang?

Ilmu yang mempelajari analisis tulisan tangan disebut graphology. Para graphologyst mampu untuk mengintepretasikan pola tulisan tangan dengan kepribadian seseorang. Sedangkan graphotherapy merupakan ilmu untuk mempelajari karakter si penulis dan kemudian memberikan saran untuk mengubah guratan spesifik dalam tulisan tangan dengan tujuan mengubah aspek kepribadian yang merugikan dirinya.

Vimala Rodgers dalam buku ini mengungkapkan bahwa perlu waktu 30 tahun bagi dirinya untuk melakukan riset dan menghasilkan abjad yang ia beri nama Abjad Vimala. Ia percaya guratan pena meneguhkan kebiasaan berpikir, kemudian membentuk citra diri dan persepsi mereka kepada kehidupan.

Ada beberapa hal yang mudah terlihat di tulisan tangan, seperti tingkat kemiringan, ukuran huruf/tulisan, arah kemiringan, jarak antarhuruf, lengkungan, tekanan dan sebagainya. Dengan mengubah unsur-unsur huruf tersebut, Vimala yakin karakter seseorang lama-kelamaan akan berubah dan ini memang tidak instant. Proses mengubah huruf seperti halnya mengubah karakter, memerlukan proses dan kebiasaan.

Dalam Abjad Vimala, ada delapan kelompok huruf. Tiap orang bisa memilih karakter positif yang ingin ia tingkatkan dengan memilih kumpulan huruf tersebut. Ada kelompok komunikasi, pembelajaran dan evaluasi, penghargaan dan ekspresi, pemahaman, kreativitas, status, kepuasaan diri, serta kelompok mempercayai dan otoritas dalam diri.

Kelompok komunikasi terdiri dari huruf A, O, D, G, Q, P. Huruf A menurut Vimala menunjukkan bagaimana kita mengekspresikan ego ke dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan huruf O memberi kemampuan berkomunikasi secara terbuka dan jelas. Agar seseorang merasa nyaman dengan citra dirinya ia menyarankan untuk menambahkan lengkung yang lembut untuk huruf A dan menuliskan huruf O searah jarum jam dan lingkarannya tertutup sempurna.

Saya menyukai ide Vimala tentang rahasia guratan huruf dan menghubungkannya dengan karakter. Apalagi setelah saya melihat tulisan masa kecil saya berubah seiring usia. Memang tidak mudah mempraktikan Abjad Vimala. Oleh karena itu, ia menyarankan para pembaca untuk memilih huruf sesuai kebutuhannya dan membiasakannya.

Buku ini memang lumayan tebal. Vimala tidak serta menguraikan huruf buatannya dan manfaatnya, melainkan menjelaskan terlebih dahulu tentang unsur-unsur huruf dan mengenali kepribadian Anda terlebih dahulu dari tulisan yang Anda buat saat ini.

Detail Buku:
Judul     : Kenali Kepribadian Melalui Tulisan Tangan
Penulis : Vimala Rodgers
Penerbit : Kaifa
Rating   : 8/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 9, 2014.

7 Tanggapan to “Menjadi Lebih Bahagia dengan Mengubah Tulisan Tangan”

  1. pengen baca buku yang ngebahas tulisan tangan dari dulu cuman belom sempet nyari euy.

    • Lumayan cocok juga Dan..setelah kubandingkan tulisanku dengan analisis karakter di buku itu. Cuma setelah kubandingkan, tulisanku dari waktu ke waktu juga berubah jadi memang ada perubahan karakter meskipun mungkin perubahannya secara lambat laun.

  2. wahh bisa nih buat nambah ilmu, 🙂
    cari ah….

  3. menarik juga bukunya 😀
    belii ahhh

  4. […] Baca selengkapnya… […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: