Moonlight Sonata Beethoven untuk Hati Resah

Moonlight

Saya menyukai lagu-lagu klasik karya Beethoven. Yang paling berkesan adalah Moonlight Sonata. Lagu ini iramanya cenderung berulang tapi memiliki dinamika yang membuat pendengarnya seolah merasakan malam purnama yang indah namun juga suasana resah di dalamnya.

Lagu ini indah namun saya merasa suasana suram di dalamnya. Hanya ada piano dalam lagu ini tidak ada instrumen lainnya, namun lagu ini berkesan mewah dan elegan. Lagu ini seperti menyimpan ironi, ada gundah dan resah pada suasana malam purnama yang indah.

Saya kenal lagu ini dari serial manga Pansy dimana dikisahkan tokoh utama dalam manga ini, Pansy, seorang anak perempuan yang berbakat dalam bermain piano. Ia mengalami berbagai hal yang membuatnya menjadi anak yang tegar dan ketika ia memilih lagu, ia memilih nomor ini untuk dimainkannya karena sesuai dengan suasana hatinya.

Ludwig van Beethoven memiliki berbagai karya yang indah. Yang paling terkenal adalah Fur Elise yang sederhana namun begitu mudah terekam di benak. Lagu ini sering digunakan dalam kotak musik. Saya dulu pernah memilikinya dan begitu menyukai lagu ini dengan terbayang seorang penari balet yang menari diiringi lagu ini. Lagu ini bernuansa ceria dan konon lagu ini merupakan ungkapan perasaan cinta Beethoven kepada gadis yang ia kagumi.

Masih ada Symphony no 5 dimana intronya unik dan khas banget. Lagu ini ada dalam film Beethoven. Juga ada Symphony no 9 yang juga menggugah mereka yang mendengarnya. Dan ada pula Symphony no 7 yang bernuansa muram.

Beethoven seorang pianis dan komposer yang andal. Meski ia kemudian tidak mampu mendengar pada usia 31 tahun, tapi ia tak patah arang dan tetap membuat karya musik.

Beethoven (sumber:wikipedia)

Beethoven (sumber:wikipedia)

Gambar dari sini

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 2, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: