Jangan Angkuh Saat Daki Everest

Everest

Pegunungan bagi sebagian kalangan adalah sakral. Untuk mencapai puncaknya manusia mendapat ujian. Seandainya pun mencapai puncak sudah dilakukan berulang, manusia tetap tak boleh meremehkan alam. Itulah kiranya pesan yang tersampaikan dalam film Everest. Sebuah film yang dibuat berdasar kisah nyata.

Film yang bersetting tahun 1996 ini mengisahkan tim ekspedisi ke puncak Everest yang dipimpin Rob Hall. Ia telah berulang kali mencapai puncak dan menemukan metode bagaimana mendaki yang aman. Ia lebih mementingkan keamanan para anggota timnya dibandingkan harus mencapai target mencapai puncak.

Ia awalnya enggan untuk pergi karena istrinya, Jan, akan melahirkan. Tapi karena ada wartawan yang meliput perjalanan ini dan ada dana besar maka ia pun tertarik dan mengajak rekannya, Helen Wilton, sebagai manajer perjalanan.

Saat menuju ke sana rupanya sudah ada tim lain yang dipandu Scott Fischer. Tim Rob sendiri di antaranya adalah Beck Weathers yang sering mendaki, Yasuko Namba yang ingin mencapai puncak ketujuh kalinya, seorang wartawan, dan petugas pos bernama Doug Hansen.

Perjalanan berjalan lancar namun ketika hendak mencapai puncak cuaca mulai memburuk. Ketika cuaca mulai bersahabat, mereka bergegas ke puncak, namun rupanya ada tali yang belum terpasang. Beck menderita gangguan mata dan pasokan tabung oksigen menipis. Berhasilkan mereka tiba di puncak dan pulang dengan selamat?

everest

Film ini agak bikin geregetan. Ada beberapa anggota ekspedisi yang egois dan tidak sadar bahwa tindakannya sangat membahayakan keselamatan dirinya dan rekannya.

Saya merasa simpati kepada Rob yang selalu memikirkan keselamatan kliennya. Bahkan ia nampak tenang ketika dicaci maki oleh kliennya yang merasa telah membayar biaya yang besar untuk pendakian ini.

Ada banyak pesan moral yang tersaji dalam film ini. Seperti jangan pernah merasa angkuh kepada alam,  bersikaplah tepo seliro dan mau bekerja sama dan sebagainya.

Everest

Panorama yang disajikan dalam film ini begitu menawan. Wah saya jadi ingin mendaki lagi tapi yang kiranya medannya tidak terlalu curam karena saya masih pemula.

Detail Film:
Judul : Everest
Sutradara : Baltasar Kormakur
Pemain : Jake Gylenhall, Emily Watson, Jason Clarke, Josh Brolin, Keira Knigtley
Genre : Petualangan, drama
Rating : 7,5/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 20, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: