Mengenal Willy si Pemberani dari Laswi

Willy anggota laswi

Siapakah perempuan bernama Willy itu? Ia gadis yang sangat pemberani dan berani maju ke medan pertempuran pada masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari tangan Belanda plus sekutu. 

Guntingan koran berwarna kekuningan di Museum Brawijaya itu menarik perhatian. Ada seorang wanita yang keberaniannya terakui, hingga mendapatkan medali. Ia berasal dari Bandung dan saat Bandung terancam oleh keberadaan pasukan Netherlands-Indies Civil Administration (NICA), ia pun maju ke medan laga.

Willy, namanya. Ia bersama Susilowati dikenal sebagai anggota Laskar Wanita (Laswi) yang sangat pemberani. Willy tidak takut berada di garis depan. Ia berani membunuh prajurit Gurkha yang tergabung dalam NICA. Dalam berita di koran disebutkan ia memenggal kepala prajurit itu dengan samurai setelah menembaknya. Fuih sadis juga ya, mungkin saat itu ia merasa sangat marah karena NICA hendak mengambil alih lagi kekuasaan di kotanya.

Tidak banyak informasi dari koran Oktober 1950. Foto gadis tersebut memperlihatkan sosok yang masih muda, berkulit putih, dan jelita. Laswi dulu dilatih oleh PETA dan mereka beroperasi di Bandung Selatan.

Laswi hadir karena mereka menganggap wanita juga dapat bertempur di medan juang. Dari 21 anggota kemudian terus bertambah. Tugasnya dari satuan tempur, penyelidik, palang merah dan dapur umum. Risiko menjadi Laskar Wanita adalah nyawa. Ada anggota yang tertangkap ada juga yang terbunuh.

Hemmm melihat perjuangan Laskar Wanita, saya merasa kagum. Wanita bisa jadi apa saja dan tidak bisa diremehkan.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 20, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: