Yuk Jangan Biasakan Mager untuk Hindari Sakit Jantung

healthy-balanced-lifestyle-eating-exercise-weightloss-diet-concept-31576703

Hai apakah Kalian sudah bergerak hari ini? Jangan ikut-ikutan fenomena mager ya alias malas bergerak. Bergerak itu tidak harus berolah raga yang menguras tenaga, tapi juga bisa berupa aktivitas sederhana seperti berjalan kaki, membersihkan rumah dengan menyapu dan mengepel atau memilih naik turun tangga daripada menggunakan lift.

Bergerak selama 60 menit sehari atau lebih merupakan investasi murah dan mudah agar tetap sehat hingga usia senja, juga tentunya berguna untuk menghindarkan dari penyakit mematikan seperti penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan penyakit nomor satu yang mematikan. Tentu Kalian pernah mendengar serangan jantung di film atau kehidupan nyata. Dan tak berapa lama kemudian setelah dibawa ke rumah sakit, penderita tersebut meninggal. Menyeramkan bukan?! Dan penyakit tersebut sebenarnya bisa dicegah dengan salah satunya tidak malas bergerak.

Sebenarnya apa sih penyakit jantung itu dan bagaimana pencegahannya?

Sebelum membahas tentang penyakit jantung, saya bahas dulu deh fungsi organ jantung. Sebenarnya bukan saya sih yang menjelaskan tapi dari hasil browsing sana-sini dan wawasan yang pernah saya dapatkan. Jantung adalah organ yang vital karena organ ini berfungsi untuk memompa darah dan menyebarkan darah mengandung oksigen ke seluruh bagian tubuh. Oleh karenanya yang dimaksud penyakit jantung di sini adalah hambatan sehingga jantung tidak bisa berfungsi dengan baik. Gangguan tersebut berupa penggumpalan darah atau aterosklerosis karena terhambat oleh lemak.

man-having-heart-attack-cartoon-clip-art

Penyakit jantung umumnya dikarenakan pola makan dan pola aktivitas yang tidak sehat seperti merokok, malas bergerak, sering mengkonsumsi minuman keras dan sering menyantap masakan yang mengandung kolesterol jahat. Oleh karenanya bagi yang tidak ikut-ikutan ajakan teman-temannya merokok atau mencandu minuman keras maka bersyukurlah karena Kalian sudah ikut berinvestasi kesehatan.

Untuk kebiasaan malas bergerak saat ini tidak hanya terjadi pada generasi muda, tapi juga kalangan yang dewasa. Tapi memang yang lebih menguatirkan kebiasaan mager itu saat ini banyak dilakukan oleh anak-anak. Mereka jadi rawan terkena obesitas dan berisiko besar terkena penyakit jantung.

Dulu permainan video games dituding menjadi biang keladi anak-anak menjadi mager, tapi sekarang beragam gadget seperti smartphone, tablet, dan sebagainya yang menyita perhatian anak sehingga enggan untuk bermain dan olah fisik di luar rumah.

Inactivity book

Inactivity book

Hal yang sama juga terjadi pada orang dewasa. Banyak hal yang dijadikan alasan sehingga malas bergerak seperti kelelahan setelah sibuk seharian tempat kerja dan lagu-lagi keasyikan bermain gadget. Padahal bisa lho olah raga ringan dilakukan di tempat kerja, seperti naik turun tangga atau senam ringan di tanpa meninggalkan lingkungan kerja. Bahkan mulai banyak tempat kerja yang mengadakan senam setiap minggu dan membangun ruang fitness agar karyawannya tetap sehat dengan aktif bergerak.

Oh ya jika Kalian terbiasa merokok dan memiliki kebiasaan yang tidak sehat maka perlu mewaspadai jika terjadi gejala seperti jantung berdebar-debar, berkeringat meskipun tidak beraktivitas fisik berlebihan, mudah kelelahan, sesak nafas, nyeri dada, mual, sakit kepala, bagian tubuh membengkak dan pingsan mendadak. Dulu penyakit jantung ditengarai hanya terjadi pada mereka yang gemuk, hipertensi dan kaum pria, tapi ternyata semua bisa berisiko terkena penyakit jantung jika tidak segera mengubah kebiasaan buruknya. Apabila telah terdiagnosa penyakit jantung juga tidak perlu was-was berlebihan karena bisa meminum obat secara teratur dan membiasakan hidup sehat.

Bagi yang ingin terhindar dari penyakit jantung maka bisa memulai untuk menyantap masakan yang sehat dan rajin bergerak. Untuk masakan sehat sebenarnya tidak susah, menyantap tempe dan tahu plus sayur, serta buah sudah cukup. Kalau untuk memulai bergerak, yang mudah adalah berjalan kaki, bersih-bersih rumah seperti menyapu, mengepel, dan berkebun atau melakukan senam ringan di tempat kerja. Olah raga lari dan renang juga bisa dilatih untuk memperkuat pernafasan. Mumpung olah raga lari sedang tren maka teman-temannya pun banyak sehingga semangat pun terpacu.

Kalau saran saya sih pilih aktivitas yang menyenangkan agar tidak merasa terbeban. Yang penting lagi jangan malas bergerak ya demi kesehatan jantung Kalian.

Sumber gambar dari: 1,2, 3

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 26, 2016.

3 Tanggapan to “Yuk Jangan Biasakan Mager untuk Hindari Sakit Jantung”

  1. Sepakat….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: