Ketika Memesan Tiket Nonton Dipermudah

nonton-bioskop

Delapan tahun silam menonton film anyar di bioskop cukup sulit. Terkadang kita sudah jauh-jauh pergi ke sebuah bioskop eh ternyata ketika sampai di tujuan yang tersisa tinggal di bangku terdepan. Jadwal nonton juga hanya bisa diketahui lewat pesan SMS berbayar atau melihat website yang masa itu hanya bisa diakses gadget tertentu. Alhasil berhasil nonton film hits pada awal pemutaran rasanya keren banget gitu hehehe. Tapi masa-masa itu saat ini sudah terlalui. Saat ini ada berbagai aplikasi yang mempermudah memesan tiket bioskop, baik tiket nonton jaringan 21, CGV Blitz, Cinemaxx, Platinum dan sebagainya

Saya pernah merasakan antri menonton film Ada Apa dengan Cinta dan rasanya plong banget ketika akhirnya bisa mendapatkannya. Saat hendak menonton Kuntilanak, jam makan siang saya habiskan pergi memesan tiket untuk petang hari usai jam kantor.

Kemudian ada cara memesan lewat M-TIX, tapi rasanya saat itu masih ekslusif dan terbatas sehingga saya pun tidak ikut-ikut memiliki akun. Saat jaringan CGV Blitz  hadir, mereka menghadirkan pemesanan online. Kita bisa memesannya dengan saldo yang ada pada kartu Blitz. Saat itu kartu perdananya dihargai Rp 100 ribu. Oleh karena kantor masa itu tidak jauh dari Blitz Mall of Indonesia dan harga tiketnya tidak berbeda jauh dengan tiket nonton di 21, maka saya jadi sering ke sana. Baru waktu saldo habis dan belum sempat top up di counter maka saya kelimpungan. Eh ternyata bisa pakai kartu kredit dan saya pun menggunakan kartu kredit punya pasangan.

Saat ini jaringan Blitz cukup jauh dan saya menunggu Blitz di Depok dan Green Pramuka dibuka. Lalu karena ingin cepat memesan tiket nonton tanpa antri dan tanpa kejelasan maka saya pun memutuskan mendaftar sebagai anggota M-TIX. Minimalnya seingat saya Rp 150 ribu dan top up-nya minimal Rp 100 ribu. Nah dengan M-TIX ini saya tidak perlu menunggu di bioskop, cukuplah 10 menit sebelum jam pemutaran untuk mencetak tiket. Saya pun bisa berangkat dengan tenang dan tidak tergesa-gesa.

Biaya administrasi untuk M-TIX adalah Rp 1 ribu. Saat saldo tidak mencukupi untuk membeli tiket dan uang di dompet tidak cukup untuk Top Up lagi-lagi saya kebingungan. Biaya top up dengan kartu kredit lumayan. Huuh saya jadi sebal.

Lalu saya dengar website dan aplikasi pemesanan Blitz saat ini telah menerima kartu debet dan bisa menggunakan ATM, mobile banking dan internet banking untuk membayar tiket. Wah asyik tuh, jadi lebih mudah.

cgv

Beberapa waktu lalu juga hadir website dan aplikasi pemesanan tiket bioskop bernama Book My Show dan Carafun. Oleh karena waktu itu banyak mendapatkan voucher menonton dengan menggunakan kedua aplikasi tersebut, maka saya pun berkesempatan mencobanya. Ada plus minusnya antara Book My Show dan Carafun.

Dengan Book My Show maka Kalian bisa memesan tiket di jaringan CGV Blitz, Platinum, Cinemaxx, Gajah Mada Cinema, Golden Theater, Rajawali Cinema dan berbagai jaringan bioskop lainnya, tapi saat ini belum bisa untuk memesan tiket jaringan 21 Cineplex. Biaya administrasinya juga lumayan sekitar Rp 3-5 ribu.

bms

img_20161205_222712-290x350 bms

Untuk harga tiket Blitz di Jakarta termurah adalah di Blitz Slipi dan termahal di Blitz Pacific Place dan Grand Indonesia. Favorit saya sih di GI dan MOI. Di MOI biasanya penontonnya tidak terlalu banyak dan ada banyak kursi untuk menunggu. Enaknya memesan dengan Book My Show, kita bisa memilih tempat duduk secara realtime, lalu tiketnya dikirim ke nomor hape via SMS dan ke alamat email. Lalu kita tinggal mencetaknya saat tiba di lokasi bioskop. Pembayaran tiketnya bisa menggunakan dompet online, kartu kredit, Mandiri Click Pay dan BCA KlikPay.

carafun

Sedangkan di Carafun asyiknya kita bisa membeli tiket di berbagai jaringan bioskop, termasuk jaringan 21. Saat ini ada banyak promonya, seperti membeli lima tiket dapat voucher nonton Rp 50 ribu atau potongan harga Rp 10 ribu untuk pembelian tiket nonton. Kita juga bisa top-up dengan cara melakukan transfer. Mudah, bukan?! Selain tiket nonton, di Carafun juga bisa mengetahui berbagai info pertunjukan atau pameran juga berita/info perfilman.

even carafun

Minusnya, proses pemilihan tempat duduknya belum realtime. Kita hanya bisa memasukkan preferensi, seperti di atas, tengah, depan, pojok, tengah lalu sistem di bioskop di tuju yang akan memilihkan. Setelah menonton, Kalian juga bisa memberikan ulasan film dan skor, notifikasi film yang ingin ditonton dan menentukan lokasi bioskop favorit sehingga lebih cepat melihat jadwal film yang diputar.

Oh ya saat ini juga ada jasa pengantaran yang juga membantu Kalian memesan tiket lewat jasa ojek. Tapi saya belum pernah mencobanya sehingga belum bisa memberikan ulasan plus minusnya.

Mungkin ke depan keterbatasan beberapa aplikasi pemesanan tiket itu disempurnakan. Atau mungkin akan bermunculan aplikasi dan website pemesanan tiket lainnya yang lebih mudah dan praktis.

gambar atas dari silvercurtain

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 8, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: