Apakah Buku dan Toko Buku Bakal Lenyap?

Kawanku jadul

Semakin banyak redaksi majalah yang memutuskan berhenti memproduksi wujud fisik dan hanya meneruskan versi onlinenya. Oplahnya semakin menurun. Masyarakat kini lebih menyukai membaca lewat smartphone daripada buku cetak. Apakah suatu saat buku dan toko buku akan lenyap?

Sedih membayangkan jika suatu saat majalah, koran dan buku kemungkinan bakal lenyap. Senjakala media cetak. Sementara penjualan buku ebook juga belum meningkat, masyarakat Indonesia masih lebih suka gratisan kurang menghargai proses pembuatan yang memakan waktu dan energi.

Aku sendiri akhir-akhir ini juga sering membaca via gadget. Tapi jika disuruh memilih aku lebih suka membaca fisik karena mata lebih nyaman dan juga ada faktor tertentu yang membuatku menyukainya. Membuka halamannya dan juga mencium aroma kertasnya.

Dulu majalah favoritku seperti Chic dan Reader Digest sudah tamat. Beberapa waktu lalu Kawanku dan Chip sudah mengumumkan tidak lagi diproduksi. Entah majalah apalagi yang akan mengikuti aksi. Jika diperhatikan memang semakin banyak yang menghilang.

Meskipun majalah itu makin sepi semoga minat membaca tidak makin menurun. Membaca itu aktivitas yang menyenangkan dan tentunya menambah wawasan.

Selamat tinggal majalah fisik Kawanku dan Chip. Tetap semangat berbagi wawasan di versi maya.

Gambar dari kapanlagi

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 17, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: