Ancient Alien?

200px-ahutongariki

Manga dan anime Evangelion pernah menghebohkan karena muatannya yang menyebut-nyebut ancient alien sebagai asal-muasal manusia di bumi. Sebenarnya selain Evangelion, konsep ancient alien juga pernah disebutkan di berbagai kisah fiksi sains, juga ada serial tevenya. Bahkan Dewi Lestari dalam Supernova, terutama buku Partikel dan Intelegensi Embun Pagi menyebutkan tentang ancient alien dan hubungannya dengan manusia.

Sebenarnya aku sudah tertarik dengan keberadaan alien sejak masih kecil. Aku menyukai rahasia piramida, misteri berbagai situs dunia yang belum terpecahkan, juga simbol-simbol yang ditemukan di beberapa tempat di Indonesia seperti di kawasan Papua. Jangan lupa cerita Tintin berlatar alien (Penerbangan 747) juga berlokasi di Indonesia.

Sayangnya aku mulai eneg ketika cerita alien dieksploitasi menjadi musuh yang jahat. Cerita The X-Files tentang alien juga kurang kusukai. Aku salah satu yang percaya ada alien karena jagat raya itu begitu luas. Ada berapa banyak galaksi di jagat raya? Belum lagi konsep multiuniverse. Saat belajar singkat tentang astronomi di kursus online, ada dugaan planet yang bisa ditinggali namun lokasinya sangat jauh dari bumi. Jika konsep dimensi lima itu benar-benar bisa diaplikasikan, penerbangan luar angkasa seperti di film Star Wars dan Star Trek bakal tidak mencuri waktu hingga bertahun-tahun. Dimana dengan konsep dimensi lima maka waktu dan ruang bisa memendek seperti jalan pintas.

Hahaha jangan terlalu serius membaca artikel ini karena tulisan ini hanya pendapatku tentang konsep ancient alien dan baru sebatas pengantar. Teori ancient alien yang dikemukakan oleh Dee bisa jadi ringan jika dibandingkan dengan konsep yang dikemukakan oleh Evangelion. Busyet wujudnya animasi tapi isinya tidak main-main. Terus terang agak susah menceritakan apa sebenarnya yang dibidik oleh Evangelion, apa makna dari first impact dan seterusnya.

Saat membaca Supernova kali pertama pada awal tahun 2000, aku mengira membaca suatu fiksi tentang konsep multiuniverse. Lalu kemudian hadir Partikel yang bercerita ayah yang hilang, jamur yang membuat orang berhalusinasi, dan alien. Baru pada novel terakhir konsep alien ini didetailkan, dimana ada alien berwujud manusia di bumi yang immortal, juga ada hybrid manusia-alien yang di buku lain disebut star child atau starseed. Judulnya, Intelegensi Embun Pagi mengingatkan pada intelligent race/spesiec before human atau mereka yang memiliki kemampuan ESP. Para starseed di kisah Supernova punya misi tertentu. Para alien juga bukan hanya satu kelompok, melainkan terdiri dari berbagai kelompok yang memiliki tujuan dan wujud berlainan.

antropomorfi_chiamati_-astronauti-_-_zurla_r_1_-_nadro

Mereka yang percaya pada kisah ancient alien, menganggap bangunan-bangunan purba seperti piramida dibangun dengan bantuan para alien yang pernah berkunjung ke bumi ribuan tahun silam. Begitu juga dengan pengetahuan akan mekanik, matematika dan sebagainya. Kisah-kisah klasik seperti Mahabharata dan Ramayana konon juga dicampuri oleh pesawat dan senjata para alien.

Artikel ini sebut saja sekedar mengungkapkan apa yang ada di benak. Konsep ancient alien sendiri masih dianggap pseudosains karena belum ada kajian secara ilmiah.

Gambar dari wikipedia

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 23, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: