Misteri Gadis Hilang dalam The Girl on The Train

The girl on the train

Seorang wanita setiap hari berangkat dan pulang dengan kereta. Ia selalu berada di kursi yang sama dan memperhatikan itu-itu saja. Perhatiannya selalu tertumbuk pada pasangan muda yang nampak saling mencintai, pasangan yang kemudian menjadi favoritnya. Hingga suatu saat salah satu dari pasangan tersebut melakukan hal yang tidak pantas.

Rachel (Emily Blunt) merasa kebahagiaannya telah tercerabut sejak Tom (Justin Theroux) menceraikannya dan memilih hidup bersama Anna (Rebecca Ferguson). Sejak itu ia tenggelam dalam alkohol. Ia tak bisa berhenti dari kebiasannya minum alkohol sehingga ia pun dipecat dari pekerjaannya. Ia berpura-pura berangkat dan pulang kerja setiap harinya agar kawan yang memberinya tumpangan tempat tinggal, Cathy, tidak curiga.

Anna dan Tom

Selama berhari-hari dan berbulan-bulan ia memperhatikan pasangan itu dengan iri dan kagum. Pasangan itu tinggal bersebelahan dengan rumahnya dulu yang sekarang ditempati Anna dan Tom. Kehidupan pasangan tersebut berbanding terbalik dengan dirinya, harmonis dan selalu seperti pasangan yang jatuh cinta.

Namun ketika Rachel menjumpai perempuan – yang kemudian diketahuinya bernama Megan (Haley Bennett) – itu berciuman dengan pria lain, ia merasa sangat gusar. Ia turun dari kereta, mengejar wanita tersebut yang berjalan ke arah terowongan dan kemudian melontarkan kata-kata kasar kepadanya.

Akan tetapi ia kemudian terkejut menemukan dirinya tersadar dengan badan penuh memar di apartemen. Polisi kemudian datang memberitahukan hilangnya Megan dan mempertanyakan alibinya.

Megan

Film ini sejak trailer-nya diputar mengundang rasa penasaran, apalagi novelnya yang ditulis Paula Hawkins termasuk laris manis. The Girl on The Train merupakan sebuah film misteri hilangnya seseorang yang melibatkan tiga perempuan, Rachel, Anna, dan Megan.

Banyak yang membanding-bandingkan film ini dengan Gone Girl, hal ini disebabkan sama-sama berpatok pada kasus hilangnya seorang wanita dan misteri yang melingkupinya. Akan tetapi jelas alur cerita dan nuansa kedua film ini berbeda.

Saya sendiri bisa dibilang cukup menyukai akan gaya bercerita dalam film ini, dimana tiap sosok perempuan dalam film ini mendapat porsi bercerita. Ada cerita dari sisi Rachel, sudut pandang Anna, juga dari sisi Megan. Tentunya yang terbanyak adalah kisah dari sisi Rachel.

Misteri dalam film ini berlapis-lapis seperti kulit bawang. Penonton diajak mengupas lapisan-lapisan tersebut hingga ke bagian intinya, mengetahui kejadian sebenarnya. Ada banyak tanda tanya di sini, apakah Megan hilang karena kabur ataukah dibunuh seseorang? Siapa pria yang terlihat oleh Rachel tersebut? Dan apa yang dilakukan Rachel hingga pada malam kejadian Megan hilang, ia malah babak belur?

Petunjuk dari misteri tersebut juga penggalian karakter dari tiap tokoh dikisahkan lewat adegan-adegan flashback. Namun, entah kenapa menurut saya cara sutradara, Tate Taylor, mengupas misteri itu tidak begitu wow, seperti seseorang yang mengantuk kemudian diguyur dengan seember air dingin sehingga terkejut dan matanya langsung terbuka. Alih-alih seperti itu, malah perubahan plotnya terkesan biasa saja. Saya lebih suka misteri dalam Gone Girl yang dikupas dengan lebih perlahan tapi nendang, membuat saya terkejut dengan perubahan plotnya yang berkelok.

Sosok sentral dalam film ini diperankan Emily Blunt yang sepanjang film ini seperti sosok wanita menyedihkan yang mengalami depresi berat. Pada film ini bukan performa Emily yang terbaik, tapi upayanya tetap patut diacungi jempol. Haley Bennett yang dikenal lewat aktingnya sebagai penyanyi di film Music and Lyric tampil standar, kurang mantap memerankan sosok perempuan cantik tapi rapuh. Oh ya ada Lisa ‘Phoebe’ Kudrow di sini berperan sebagai mantan bos wanita Tom. Sosoknya dalam film ini penting dan menjadi kunci pembuka misteri.

Jika Kalian sedang ingin menonton film misteri, The Girl on The Train bisa jadi pilihan. Tidak istimewa, lumayanlah.

Detail Film
Judul : The Girl on The Train
Sutradara : Tate Taylor
Pemeran : Emily Blunt, Justin Theroux, Luke Evans, Lisa Kudrow, Haley Bennett, Rebecca Ferguson
Genre : drama misteri
Rating: 7,5/10
Gambar : IMDB

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Januari 3, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: