Aktualisasi Diri Lewat Musik di Sing Street

latihan

Saat pengumuman nominasi Golden Globe diumumkan beberapa waktu selain La La Land, salah satu film lainnya yang juga bergenre drama musikal Sing Street juga mencuri perhatian. Filmnya sama-sama kaya lagu dimana dalam Sing Street dibawakan dengan format band oleh para personelnya.

Film Sing Street ber-setting di Dublin, Irlandia, sekitar pertengahan tahun 80-an dimana band seperti A-Ha, Duran Duran juga David Bowie dengan irama new wave-nya menggebrak musik dunia. Pada masa-masa tersebut perekonomian di Dublin mengalami kelesuan sehingga banyak remaja Irish yang nekad menuju London dengan bekal terbatas untuk mengejar harapan.

Kelesuan ekonomi tersebut juga menimpa keluarga Conor (Ferdia Walsh-Peelo) dimana pekerjaan ayahnya, Robert Lawlor (Aidan Gillen) jadi tak menentu, sedangkan Ibunya juga sudah tidak bekerja penuh waktu. Akhirnya Conor pun dipindahkan sekolahnya ke sebuah sekolah Katholik gratis, Synge Street CBS. Kakak sulungnya sendiri, Brendan (jack Reynor) sudah mengundurkan diri dari kampusnya.

Conor menghadapi berbagai masalah di hari pertamanya di sekolah. Ia di-bully oleh kawannya yang berbadan besar, Barry (Ian Kenny), dan ia diwajibkan mengenakan sepatu hitam. Saat hari berikutnya ia tetap mengenakan sepatu cokelat karena belum ada biaya, maka kepala sekolah, Br. Baxter (Don Wycherley) menyita sepatunya dan membuatnya bertelanjang kaki hanya dengan kaus kaki sepanjang sekolah berlangsung.

Nasibnya semakin malang hingga Conor bertemu Darren (Ben Carolan), anak bertubuh mungil yang ingin menjadi pengusaha. Conor bertanya tentang gadis cantik yang sering berdiri di dekat sekolah, gadis itu usianya lebih tua dari mereka dan bercita-cita jadi model. Conor memberanikan diri menyapa Raphina (Lucy Boynton) dan memintanya menjadi model video klip band mereka. Sejak itu Conor dan Darren semangat membentuk sebuah band, tapi mereka perlu merekrut anggota. Eamon (Mark McKenna), musisi jenius pun mereka rekrut, menyusul tiga lainnya dimana salah satunya berkulit hitam. Mereka pun giat berlatih. Eamon mengusulkan nama Sing Street untuk nama bandnya.

sing-street

Brendan menyarankan adiknya membuat lagu sendiri. Maka Conor dan Eamon pun bekerja sama menciptakan lagu. Lagu pertama mereka adalah The Riddle of The Model pun dibuat video klip dengan model si Raphina. Akan tetapi setelah melihat video klip tersebut, kakaknya mengejeknya dan meminta adiknya giat berlatih dan terus berimajinasi.

Band mereka terus mengalami peningkatan, namun kehidupan Conor mengalami pasang surut. Raphina telah memiliki kekasih dan kedua orang tuanya akhirnya bercerai. Belum lagi di sekolah ia masih di-bully dan diawasi oleh kepala sekolahnya.

sing2

Bagi yang suka film drama remaja berbalut komedi dengan sentuhan musik format band maka film ini lumayan asyik dinikmati. Ada banyak lagu yang asyik dikupingin dan semuanya dibawakan oleh pemain dalam film ini. Lagu yang asyik di antaranya Brown Shoes, The Riddle of The Model dan Drive it Like You Stole It.

Dalam film yang naskahnya ditulis dan disutradarai oleh John Carney ini Conor memang menjadi pusat perhatian. Ia remaja yang awalnya polos, tapi karena mendapat banyak tekanan sana-sini, ia akhirnya memberontak. Luapan emosinya itu ia tuangkan dalam wujud lagu dan penampilannya yang makin eksentrik. Raphina sendiri digambarkan sebagai gadis model yang percaya diri, padahal sebenarnya ia gadis yatim piatu yang tinggal di rumah penampungan. Namun favorit saya di sini adalah sosok Eamon yang digambarkan pandai memainkan berbagai alat musik dan pecinta kelinci. Ia nampak seorang sahabat sejati yang selalu mendukung Conor dan bersedia membantunya menciptakan lagu.

ost

Pemeran utama film ini, Ferdia Walsh-Peelo seorang musisi dan penyanyi yang berbakat. Ia belajar menjadi soprano sejak masih berusia tujuh tahun dan meraih banyak penghargaan. Selain bernyanyi, ia juga piawai bermain gitar dan piano. Kawan mainnya dalam Sing Street, Mark McKenna juga piawai memainkan instrumen musik. Keduanya tampil live dalam Sundance Festival membawakan beberapa lagu dalam Sing Street.

Detail Film:
Judul : Sing Street
Sutradara :John Carney
Pemeran : Ferdia Walsh-Peelo, Lucy Boynton, Mark McKenna, Aidan Gillen, jack Reynor, Maria Doyle Kennedy, Don Wycherley, Ian Kenny, Ben Carolan
Genre : Drama, musikal
Rating : 8/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 2, 2017.

Satu Tanggapan to “Aktualisasi Diri Lewat Musik di Sing Street”

  1. Tulisan menarik dan bermanfaat.mohon dukungan dengan bertandang dan meninggalkan jejak komentar pada tulisan saya ini http://charlesemanueld.blogspot.co.id/2017/02/proyek-sejuta-rumah-dalam-genggaman.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: