Siapapun Bisa Mewujudkan Rumah Impian

Vila Citayam

Pangan, sandang, dan papan merupakan kebutuhan primer manusia. Namun, dengan melesatnya harga properti pasca krisis moneter, papan atau rumah seakan tak terjangkau dan seolah menjadi barang mewah. Ada banyak kalangan yang sudah bekerja bertahun-tahun namun belum dapat mewujudkan rumah idaman mereka. Kini waktunya bertindak dan berani menggapai harapan. Siapapun bisa memiliki rumah. Website atau aplikasi mobile BTN Properti bisa membantu mewujudkan rumah impian tersebut.

Harga properti, terutama rumah memang terus merangkak. Hal ini bukanlah mitos, melainkan benar adanya. Pada saat kami nekat membeli rumah, harga rumah second di lokasi perumahan yang masuk Jakarta masih berada di kisaran Rp 350 juta. Namun harganya melambung dan hampir mencapai angka satu miliar dalam kurun waktu kurang dari lima tahun. Tak heran jika kemudian banyak pasangan yang akan menikah atau telah menikah merasa gentar untuk memiliki rumah. Mengumpulkan uang mukanya saja sudah susah payah, bagaimana dengan membayar angsuran perbulannya.

Rumah tetap merupakan kebutuhan primer. Memiliki rumah sendiri jauh lebih nyaman dan tentram dalam membina keluarga, dibandingkan dengan menyewa rumah. Biaya sewa rumah juga rata-rata selalu naik pertahunnya dan bisa  saja sewaktu-waktu si pemiliknya menggunakannya untuk keperluan tertentu sehingga si penyewa terpaksa mencari lagi rumah sewaan. Seringkali jika dibandingkan antara biaya sewa rumah dan biaya angsuran maka beda tipis, hanya perlu komitmen dan kerja keras untuk mengumpulkan uang mukanya yang rata-rata sebesar 10-30 persen dari harga rumah.

Jika berbicara tentang properti dan metode pembiayaannya maka yang spontan terbayang di benak adalah PT Bank Tabungan Negara (Persero) atau yang disingkat BTN. Bank plat merah ini pada 9 Februari mendatang akan genap berusia 67 tahun, sebuah usia yang matang oleh asam garam.

BTN Mobile

Sedangkan selama 40 tahun sejak ditunjuk pemerintah untuk berfokus pada pembiayaan rumah  pada tahun 1976, BTN telah menyalurkan kredit kepemilikan rumah (KPR)  lebih dari 3,7 juta unit rumah dengan sebagian di antaranya berbentuk KPR subsidi. Adanya KPR subsidi dan juga Kredit Pemilikan Rumah Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR-FLPP) dengan uang muka 1% untuk kepemilikan rusunami bagi masyarakat berpenghasilan rendah menunjukkan tekat dan komitmen BTN dalam menyediakan hunian yang layak bagi setiap keluarga Indonesia. BTN juga mendukung penuh program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah dengan menyalurkan kredit konstruksi pada pengembang yang berstatus usaha kecil dan menengah.

KPR BTN Subsidi

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, BTN pun terus berbenah dan memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan usahanya. Hal ini selaras dengan program transformasi bisnis berbasis digital yang dicanangkan pada tahun ayam api 2017 ini.  Untuk itu, BTN melakukan berbagai inovasi terhadap layanannya agar lebih cepat, lebih informatif, dan lebih memberikan nilai tambah pada masyarakat Indonesia.

Salah satu inovasinya adalah aplikasi mobile BTN Properti (BTN Mobile) yang melengkapi kehadiran website BTN Properti (www.btnproperti.co.id )yang sudah ada sejak tahun 2015.

promo KPR online

Aplikasi mobile BTN Properti ini bisa diunduh untuk smartphone berbasis android maupun IOS.  Adanya aplikasi mobile ini menyasar kalangan generasi milenial yang berusia di antara 21-30 tahun yang kesehariannya tak lepas dengan gadget.

BTN Mobile

Dengan adanya aplikasi mobile dan website ini maka masyarakat dapat melihat berbagai proyek perumahan baik yang disubsidi maupun yang nonsubsidi, masyarakat juga dapat mengetahui daftar rumah yang dilelang beserta harganya dan juga simulasi KPR-nya. Jika cocok dengan sebuah rumah tertentu maka masyarakat dapat mengajukan pesanan dan kemudian mengajukan aplikasi KPR secara online.

kemudahan btn mobile

Mencobai Fitur-fitur dalam Website dan Aplikasi BTN Properti Mobile

Saya sendiri sudah mencobai menggunakan BTN Properti baik versi website maupun versi mobile. Versi mobile-nya berukuran tidak terlalu besar yaitu 2,25 MB dan ringan serta mudah ketika digunakan. Kedua model layanan ini bisa digunakan baik oleh masyarakat yang hendak membeli rumah maupun oleh para pengembang.

Menu dalam Aplikasi Mobile BTN Properti

Menu dalam Aplikasi Mobile BTN Properti

Dalam aplikasi website maupun mobile ada beragam fitur yang ditawarkan. Yang pertama adalah fitur pencarian dimana user dapat memilih berdasarkan kota atau provinsi, berdasarkan bujet (harga terendah dan tertinggi), jenis properti (rumah lelang, rumah subsidi, atau rumah nonsubsidi), luasan, jumlah kamar tidur dan sebagainya. User juga dapat memilih berdasarkan peta untuk mengetahui lokasi berbagai perumahan di sebuah daerah, berdasar daftar perumahan, market place dan sebagainya.

Tampilan Beranda Apps BTN Properti

Tampilan Beranda Apps BTN Properti

Yang membuat beda dengan situs jual –beli properti pada umumnya adalah keberadaan proyek perumahan BTN lelang dan BTN subsidi. Saat sebuah rumah diklik maka akan kelihatan gambar rumahnya, luas bangunan/luas tanah, jenis sertifikat, nama pengembang, daya listrik dan alamatnya. Berdasarkan pengalaman biasanya saya tidak puas dengan hanya melihat di website, maka jika benar-benar tertarik akan rumah tersebut maka akan saya datangi lokasinya agar benar-benar sesuai dengan keinginan, karena membeli rumah merupakan pembelian termahal dan pengorbanan terbesar yang biasanya dilakukan sebuah keluarga. Setelah memeriksa lokasi dan merasa cocok baru Kalian ajukan penawaran untuk lelang atau mengajukan aplikasi KPR secara online. Oh ya ada promo atau potongan biaya untuk KPR Online.

Daftar Rumah Lelang

Daftar Rumah Lelang

Jika Kalian tertarik akan sebuah rumah lelang tersebut maka cobalah lakukan simulasi KPR-nya dengan memasukkan besaran pinjaman dan  jangka waktunya. Apabila sudah cocok dengan anggaran, maka Kalian bisa mengajukan penawaran harganya. Atau jika Kalian sudah merasa cocok dengan properti BTN subdisi maka Kalian bisa mengajukan aplikasi KPR.

Simulasi KPR

Oh ya ada berbagai persyaratan khusus BTN subsidi karena seperti namanya yaitu BTN subsidi maka sifatnya membantu mereka yang belum memiliki rumah namun memiliki anggaran terbatas. BTN subsidi ini diperuntukan oleh mereka yang berusia 21 tahun ke atas atau belum menikah, memiliki gaji maksimal Rp 4 juta untuk rumah sejahtera tapak dan Rp 7 juta untuk rumah sejahtera susun, belum memiliki rumah dan belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk pemilikan rumah, dan memiliki masa kerja atau usaha minimal satu tahun.  KPR subsidinya jelas sangat membantu dan tergolong ringan, yaitu uang muka mulai dari satu persen, suku bunga lima persen fixed sepanjang jangka waktu kredit dan jangka waktu maksimalnya 20 tahun. Dengan ketentuan seperti ini maka setiap keluarga bisa mewujudkan mimpinya memiliki rumah.

Untuk KPR nonsubsidinya sendiri ada dua jenis produk, yaitu KPR konvensional  dengan bunga berkisar 8,75% dengan jangka waktu maksimal 25 tahun. Sedangkan bunga untuk KPR syariah berkisar 14% fixed dengan jangka waktu maksimal sama dengan KPR konvensional, yaitu 25 tahun. Ada catatan, bunga di atas hanyalah contoh, karena bisa berubah bergantung situasi ekonomi nasional dan ketentuan Bank Indonesia.

Fitur berikutnya yaitu simulasi pengajuan KPR baik secara konvensional ataupun syariah dimana propertinya tidak ada dalam daftar perumahan BTN, melainkan Kalian mendapatkannya sendiri.  Kalian bisa menghitungnya berdasarkan harga rumah dan besaran uang mukanya, serta jangka periode peminjamannya.

Fitur lainnya yang membantu adalah daftar perumahan terbaru, perumahan terpopuler, dan juga blog yang mengupas  hal-hal terkait properti seperti  cara mendesain ruang tamu.

Blog tentang properti

Dengan adanya website dan aplikasi mobile BTN Properti maka masyarakat diberi kemudahan untuk mencari rumah idaman sesuai anggaran, mengetahui daftar pengembang, mengajukan KPR lebih cepat dan praktis secara online, kemudahan berinteraksi terkait kredit dan informasi dengan fasilitas customer service chat, dapat memantau proses kredit secara online, mengetahui berita dan informasi terkini tentang properti, mendapatkan edukasi tentang properti, dan dapat bergabung dengan forum konsultasi tentang properti. Lengkap. Aplikasi BTN Properti ini melengkapi fasilitas Housing Finance Center dimana masyarakat dapat menggunakan fasilitas learning center, reseach center, advisory center.

Nah sudah ada berbagai kemudahan yang diberikan BTN dengan #BTNDigitalSolution berupa aplikasi BTN Propertinya. Waktunya mengambil tindakan. Saatnya mewujudkan resolusi mewujudkan rumah idaman Kalian.

contoh rumah

Ket: Seluruh gambar dari web/mobile BTN Properti

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 3, 2017.

4 Tanggapan to “Siapapun Bisa Mewujudkan Rumah Impian”

  1. ah keren ya ada info tentang properti juga di aplikasi mobile-nya 😊

  2. Menarik nih, saya akan coba lihat-lihat dulu walaupun dananya belum ada hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: