Lion: Kisah Pencarian Asal-Usul Kampung Halaman

lion_ver2

Saroo, bocah lima tahun itu kebingungan ketika kereta membawanya ke tempat nun jauh tak dikenal. Kakaknya, Guddu, juga tidak ditemuinya. Ia benar-benar tersesat dan tidak ada yang mencarinya.

Saroo kemudian hidup di jalanan Kalkuta. Ia terpisah ribuan kilometer dari kampung halamannya. Selama berbulan-bulan ia terlunta-lunta dan kemudian nasib baik membawanya ke panti asuhan dan diadopsi sebuah keluarga di Australia, Sue dan John Brierley.

Duapuluh tahun kemudian ia menimba ilmu di Melbourne dan menemukan makanan yang ia rindukan di masa kecil. Ia lalu berupaya menemukan kampung halamannya dengan aplikasi peta. Berhasilkah?

Film yang berdasar kisah nyata dan diangkat dari buku berjudul a Long Way Home oleh Saroo Brierley dan Larry Buttrose ini dibintangi Dev Patel, Rooney Mara, David Wenham dan Nicole Kidman. Film ini berhasil meraih berbagai penghargaan termasuk enam nominasi Oscar dimana di antaranya adalah aktor dan aktris pendukung terbaik.

Film tentang pencarian keluarga asal dan kampung halaman ini begitu menyentuh, terutama babak pertama kehidupan baru Saroo di jalanan. Ia merasakan kerasnya hidup di jalanan Calcutta bagi seorang anak. Tidak ada yang peduli akan nasibnya karena ada banyak gelandangan di sana. Ia melihat teman-temannya sesama anak jalanan mendapat perlakuan kasar bahkan perlakuan tidak senonoh.

Aktor anak yang memerankan Saroo berperan dengan baik. Sunny Pawar, namanya. Ia menjadi anak yang sayang sama kakaknya dan selalu ingin ikut ke sana kemari bersama kakaknya. Saat ia menjadi gelandangan, ia nampak begitu sengsara. Nalurinya juga tajam terhadap kejahatan yang akan mendatanginya. Kalau menurutku malah bagian awal kehidupan Saroo ini yang lebih menguras emosi daripada saat ia dewasa.

Nicole Kidman juga berakting dengan memikat sebagai Sue, ibu angkat Saroo. Rupanya ada alasan tersendiri kenapa ia memilih mengadopsi Saroo.

Dalam film ini disebutkan Saroo menggunakan aplikasi peta untuk menemukan kampung halamannya. Ia tidak tahu nama kota dan distrik kampung halamannya sehingga mengira-ngira dari jalur kereta dan lamanya perjalanan. Ia juga melihat dari bentang alam yang cocok dengan yang terbayang di ingatannya.

Detail Film:
Judul : Lion
Sutradara : Garth Davis
Pemeran : Dev Patel, Nicole Kidman, Rooney Mara, Sunny Pawar, dan David Wenham
Genre : Drama
Rating : 7,8/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 11, 2017.

2 Tanggapan to “Lion: Kisah Pencarian Asal-Usul Kampung Halaman”

  1. filmnya bagus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: