Keberagaman Blogger Itu Indah dan Saling Melengkapi

tiket

Setiap menit atau mungkin dalam hitungan detik sebuah artikel dari seorang blogger lahir, baik yang dirilis dalam blog pribadi maupun blog keroyokan. Fenomena maraknya blogger d beberapa tahun terakhir ini menarik dicermati karena memberikan sebuah kontribusi yang positif bagi dinamika jurnalisme di Indonesia

Blogger dan aktivitas ngeblog saat ini bukan lagi hal yang asing. Siapa saja bisa menjadi blogger apapun profesinya, tidak harus seorang penulis karena sejatinya ngeblog adalah kegiatan yang dulunya ibarat menulis diary atau catatan harian. Namun saat ini ngeblog bukan hanya media untuk curhat atau bercerita kegiatan sehari-hari, ngeblog memiliki peluang dan manfaat lebih bila dioptimalisasi.

Memang setiap orang memiliki tujuan masing-masing ketika ngeblog. Ada yang murni ngeblog semata-mata untuk menuliskan gagasan atau uneg-uneg ataupun bercerita kegiatan sehari-hari ataupun yang terlintas di benak. Saya awal ngeblog 10 tahun silam di fitur yang disediakan Friendster juga hanya bercerita tentang catatan perjalanan. Ketika akhirnya membuat blog pribadi dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan wordpress pada tahun 2008, saya juga lebih banyak bercerita tentang catatan perjalanan ke suatu tempat, pentas yang saya tonton, ataupun kegiatan ini itu seperti menyantap makanan di sebuah kafe ataupun warung makan yang sedang hip masa itu. Tidak banyak yang membacanya alias saya menulis hanya karena suka menulis. Meskipun dalam hati juga senang jika ada yang berkenan membacanya dan memberikan komentar.

Baru empat tahun terakhir ini saya melihat aktivitas ngeblog menjadi makin berwarna-warni. Komunitas blogger pun tumbuh subur, ada yang berdasarkan minat adapula yang berdasarkan regional. Kegiatan yang melibatkan para blogger pun menjadi beragam dan tentunya menyenangkan. Hal ini juga turut ditunjang oleh kemudahan akses internet dan pulsa paket internet yang semakin murah, apalagi saat ini ada teknologi 4G LTE. Ya ini sungguh menggembirakan dan memberikan dampak positif bagi dinamika blogging di Indonesia juga tentunya memberikan dampak positif bagi lingkungan sekeliling.

Blogger dan aktivitas ngeblog saat ini banyak mendapat sorotan, baik di kalangan instansi publik, berbagai perusahaan yang menawarkan barang dan jasa, juga oleh masyarakat sebagai pembaca. Sebagai pembaca, artikel blog dianggap sebagai alternatif pemberitaan karena ada di antara blogger yang berfokus untuk melakukan reportase seperti yang dilakukan oleh media konvensional. Ada juga blogger yang suka memberikan pandangan terhadap isu-isu terkini. Opini ini umumnya subyektif dan sesuai dengan latar belakang yang ia miliki. Meskipun ada unsur subyektivitas, tapi opini seseorang yang dipublikasikan di blog pribadi ataupun blog keroyokan tetap menarik dibaca karena pembaca bisa ikut berdiskusi dan berkomentar.

Artikel dari kalangan blogger juga beragam. Ada yang berfokus di bidang kuliner dan membahas santapan yang pernah ia cicipi. Ada juga yang berkonsentrasi di bidang pariwisata dan mengulas tempat wisata yang pernah ia kunjungi. Ada pula yang khusus membahas permasalahan ibu dan anak, film, musik, properti dan sebagainya. Tapi ada juga blogger yang tidak punya spesifikasi khusus dan membahas apa saja yang terlintas seperti saya.

cover2

Bagi institusi pemerintah, blogger menjadi perpanjangan tangan dalam memberikan informasi publik yang penting diketahui oleh masyarakat. Blogger dikenal memiliki gaya bahasa yang khas dan personal sehingga melengkapi pemberitaan di media konvensional. Oleh karenanya institusi pemerintah seperti Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kerap mengundang blogger untuk nantinya membantu memberikan sosialisasi ke masyarakat lewat tulisan.

Pihak swasta juga menjadikan blogger sebagai media promosi alternatif. Hal ini dikarenakan blogger memiliki gaya seperti sahabat yang memberikan saran atau gaya berpromosi yang halus. Menurutku sah-sah saja blogger diundang di sebuah launching produk dan memberikan ulasan tentang produk tersebut, bahkan merupakan win-win solution. Apalagi jika seorang blogger tersebut tidak serta-merta menuliskan produk tersebut secara hard sell, melainkan dikemas secara halus atau dengan memberikan ulasan yang berimbang, plus dan minusnya produk tersebut sehingga bisa menjadi feedback bagi perusahaan tersebut.

Mendapat buku cuma-cuma untuk diulas atau ikut membuat buku keroyokan dari kalangan blogger itu seru

Mendapat buku cuma-cuma untuk diulas atau ikut membuat buku keroyokan dari kalangan blogger itu seru

Kalau saya sendiri masih campur-campur. Saya bukan full blogger dan masih menjadikan ngeblog sebagai kegiatan menyenangkan. Saya masih ngeblog sesuka hati tapi juga tidak menampik jika ada undangan acara yang menarik atau mengikuti lomba ini itu. Hal yang menggembirakan bagi saya ketika sebuah artikel memberikan manfaat bagi pembaca misalkan artikel tentang cara mendapatkan bantuan dana pengembangan UMKM atau artikel tentang dunia film yang inspiratif atau sebuah artikel yang berhasil membuat sebuah produk UMKM dilirik.

Saat ini ada travel blogger, beauty blogger, lifestyle blogger, dan beragam blogger lainnya. Keberagaman ini membuat dunia blogging makin semarak dan melengkapi.

Keberagaman

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 20, 2017.

10 Tanggapan to “Keberagaman Blogger Itu Indah dan Saling Melengkapi”

  1. Salam kenal, saya perwakilan dari BLOGGER OTOMOTIF R2 di Indonesia, sepertinya tak baca di atas belum disebutkan…hehehee 😆

  2. Iya betul sekali yang mbak Dewi utarakan.

  3. semoga menang dapat paket XL ya hehehe

  4. ah lama tak mampir, blog ini makin kece! Aku setuju mb, perbedaan diantara blogger ini memang memperkaya blogosphere ya^^

  5. Acungka jari tinggi tinggi, saya blogger untuk mata pencaharian, karena hanya itu yang bisa saya lakukan. Saya sudah putus asa karena tak dapat kerja, akhirnya terjunlah saya di dunia blogger, hasilnya tak kalah sama PNS, bener lho 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: