Investasi Reksa Dana Online Pas Bagi Perempuan Modern

women-and-money

Perempuan pada umumnya memiliki talenta mengelola keuangan dari lahir sehingga ketika ia dewasa dan berumah tangga, maka ia didapuk sebagai manajer keuangan rumah tangga. Saya pun meski tidak memiliki latar belakang akuntansi pun dituntut untuk mampu mengelola penghasilan. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Syukur-syukur jika ada kelebihan untuk ditabung dan diinvestasikan.

Untunglah gara-gara mengalami jadi anak kos-kosan bertahun-tahun, maka saya terbiasa mengatur keuangan agar tidak sampai kantung jebol. Sekali dua kali pengeluaran lebih besar daripada kiriman orang tua mungkin dimaklumi, tapi jika keseringan maka tentunya akan memberatkan orang tua. Apalagi yang kuliah saat itu bukan hanya saya, masih ada kakak yang belum selesai.

Dulu saat masih mahasiswa jika kiriman dana dari orang tua tinggal separuh atau malah kurang maka sudah berasa was-was. Untuk menyiasatinya maka aku pun berpuasa atau jalan kaki ke kampus yang lumayan jauh, yakni berjarak tempuh sekitar 40 menit. Ketika ada tawaran pekerjaan memberikan les ke anak SMA atau menjadi panitia acara aku pun bernafas lega karena ada tambahan dana, bisa untuk ikut kursus bahasa atau mengikuti workshop ini dan itu.

Baru ketika lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan, aku baru merasakan bisa menabung. Rasanya menyenangkan melihat saldo tabungan bertambah dan bertambah. Kemudian ketika mengikuti kelas matematika keuangan, aku diperkenalkan dengan investasi. Ada beragam investasi yang bisa dilakukan oleh siapa saja dari obligasi, reksa dana, hingga saham.

Meskipun sudah mendapatkan teori tentang beragam investasi namun praktiknya ternyata tidak mudah. Pada tahun 2006 belum banyak informasi tentang tempat-tempat yang melayani penjualan produk investasi. Ketika ada informasi Obligasi Ritel Indonesia (ORI001), aku pun tertarik, tapi sayangnya terlambat. Peminatnya banyak dan kuotanya terbatas. Aku pun gigit jari dan kemudian mengalihkan dana ke deposito dan tabungan berjangka.

Baru pada tahun 2011 tiba-tiba ada dorongan untuk mengikuti sebuah workshop singkat tentang perencanaan keuangan yang diadakan oleh PT Danareksa (Persero). Aku ingat waktu itu ada rasa menggebu-nggebu dan keinginan kuat untuk mengikuti pelatihan tersebut meskipun sebenarnya pengetahuanku tentang investasi masih minim. Oleh karena pelatihannya ditujukan bagi pemula, maka informasinya pun baru selintas tentang reksa dana, obligasi dan saham. Rupanya PT Danareksa (Persero)  bersama Danareksa Investment Management (DIM)-nya memiliki aplikasi one stop investment yang atau pusat investasi terpadu yang diberi nama D’ONE yang merupakan singkatan dari Danareksa Online.

Setelah pelatihan tersebut aku pun mencari tahu tempat penjualan reksa dana. Seorang teman menyarankan ke sebuah bank tapi sayangnya prosesnya konvensional, setiap pembelian dan penjualan harus datang ke bank tersebut dan itupun tidak semua cabang melayani pembelian dan penjualan reksa dana. Lalu aku teringat jika Danareksa Investment Management memiliki layanan investasi reksa dana online DIM yang aman dan terpercaya bernama D’ONE.

Baru setahun kemudian aku menjadi salah satu nasabah D’ONE. Yang kuingat waktu itu persyaratannya mudah dan tidak berbelit-belit. Ada dana deposit dan kelengkapan umum seperti fotokopi KTP, NPWP, dan buku tabungan. Dokumen kelengkapan beserta formulirnya pun bisa dijemput oleh kurir atau dikirim via pos, sehingga memudahkan bagi perempuan yang bekerja. Setelah urusan administrasi beres maka aku pun mendapat panduan tentang cara penggunaan aplikasi reksa dana online tersebut yang rupanya mudah untuk diikuti, termasuk mereka yang awam terhadap investasi online seperti saya.

Waktu itu karena pengetahuan investasiku masih terbatas, maka aku pun menekuni reksa dana. Reksa dana sendiri merupakan wadah untuk menghimpun dana dari investor untuk kemudian dikelola oleh manajer investasi dan diinvestasikan dalam instrument-instrumen investasi yang tersedia di pasar. Jenisnya pun beragam bergantung komposisi instrumennya, di antaranya reksa dana pasar uang, reksa dana campuran, reksa dana syariah, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, dan sebagainya. Pada reksa dana pasar uang umumnya dana investor ditempatkan pada produk investasi yang memberikan pendapatan tetap seperti deposito, sertifikat bank Indonesia, dan sebagian kecil ke obligasi.  Reksa dana pendapatan tetap lebih banyak ke obligasi, sedangkan reksa dana saham porsi dananya lebih banyak ditempatkan ke saham.

Oleh karena masih awam seputar reksa dana maka aku pun mempelajari istilah yang banyak digunakan di reksa dana. Aku membaca propektus tentang nilai aktiva bersih (NAB) per unit penyertaan, besaran pemesanan (subscription) dan penjualan (redemption) juga biaya jual beli dan management fee. Kubandingkan satu-persatu dan kupilih yang sesuai dengan risiko yang bisa kutanggung. Akhirnya kupilih Danareksa Seruni Pasar Uang II dan Danareksa Mawar pada awal-awal aku menggunakan investasi online ini.

Penggunaan D’ONE ini mudah dan aman. Saat ini ada berbagai pilihan untuk menggunakan layanan ini. Ada pilihan untuk mengunduhnya dan di-install ke latop. Pilihan aplikasi desktop ini paling lengkap, terutama ketika juga melakukan investasi di pasar saham. Juga ada aplikasi mobile yang bisa digunakan di smartphone. Dan yang paling sederhana tanpa perlu mengunduh adalah aplikasi di website dengan mengetikkan alamatnya. Pilihan yang terakhir ini yang sering kugunakan.

D'One dengan mengetikkan alamat website (sumber: Danareksa Investment Management)

D’One Webtrade dengan mengetikkan alamat website (sumber: Danareksa Investment Management)

Proses transaksinya dijamin keamanannya. Saat login pun ada verifikasi terhadap password dan juga pertanyaan yang bersifat personal. Selanjutnya nasabah bisa melakukan investasi reksa dana, seperti pemesanan atau penjualan reksa dana. Di D’ONE nasabah bisa melihat terlebih dahulu propektusnya sebelum memutuskan untuk membeli, melihat terlebih dahulu NAB-nya dan sebagainya. Jika pun ragu dan masih bingung juga bisa berkonsultasi atau membaca berita dan riset yang terdapat di situs Danareksa Investasi Management.

Sudah lebih dari lima tahun aku menggunakan D’ONE dan menurutku sangat cocok bagi perempuan yang sibuk dan perempuan modern yang menyukai kepraktisan, kenyamanan dan tanpa meninggalkan unsur keamanan. Jika ingin melihat perkembangan reksa dana yang dimiliki juga terdapat laporan bulanan. Nasabah juga bisa melakukan pengaturan pembelian secara otomatis pada tanggal tertentu tiap bulannya.

Selain berinvestasi di reksa dana, D’One juga menyediakan sarana untuk berinvestasi di obligasi dan pasar saham. Biasanya ada pelatihannya secara berkala dan cuma-cuma, sehingga sebagai nasabah PT Danareksa, tidak hanya dana investasi yang bertambah, pengetahuan juga bertambah.

“Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog ‘Bloging Competition-Reksa Dana Online DIM, Investasi Aman dan Mudah’ Isi dan tulisan dari artikel/blog post ini di luar tanggung jawab Danareksa Investment Management”

banner-danareksa

gambar atas dari sini

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 21, 2017.

4 Tanggapan to “Investasi Reksa Dana Online Pas Bagi Perempuan Modern”

  1. Masih blm ngeh dgn reksa dana..malah tau dr ini, ap lg skg ada yang online..jmnny digitalisasi semua 🙂

    • Kalau investasi online reksa dana dari PT Danareksa sudah lama sekitar tahun 2010-an sudah ada. Yang paling mudah dipahami itu yang reksa dana pasar uang dan banyak yang menyarankan itu karena risikonya minim. Reksa dana pasar uang agak mirip dengan deposito, bedanya bisa diambil setiap saat dan pencairannya sekitar T+3.

      • wah berarti enak dong kalau bisa di ambil setiap saay mbak. tidk seperti deposito pada umumnya yang berjangka

      • Iya itu keuntungannya. Imbalnya setara deposito dan bisa diambil kapan saja. Kalau ingin yang syariah juga ada reksa dana syariah, perbedaannya biasanya terletak pada akad dan instrumen investasinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: