Billy Milligan dan Kevin dalam Split

Saat melihat trailer dan sinopsis dari film Split aku langsung menduga-duga film ini terinspirasi dari buku 24 Wajah Billy. Dulu aku punya bukunya, tapi kurang suka akan gaya bercerita buku tersebut yang bertele-tele, sehingga malah jadi kurang simpati dengan karakter utamanya. Tapi versi buku dan film ini beda kok, lebih brutal di versi film, tapi karakternya lebih beragam di versi buku.

Cerita Split berpusat pada pemilik multikepribadian bernama Kevin Wendell Krumb. Ia sudah setahun ini melakukan konseling ke Dr Karen Fletcher dan sudah relatif stabil, hingga dua kepribadian lainnya menyeruak, Dennise dan Patricia. Munculnya sosok tersebut membuat ia melakukan perbuatan kriminal dengan menculik tiga gadis remaja, Casey, Claire dan Marcia.

Ia menyekap ketiga gadis tersebut. Ketika salah satu gadis tersebut hendak kabur maka ia pun memisahkannya. Salah satu gadis, Casey, menyadari perubahan karakternya, ia pun berniat bersahabat dengan salah satu karakter polos bernama Hedwig.

Hingga suatu ketika si psikolog mendapatkan banyak pesan minta tolong via email dari Barry alias Kevin alias Hedwig. Ia merasa ada sesuatu dan kemudian mendatanginya. Ia tak sadar jika ada karakter lain Kevin yang paling berbahaya bisa sewaktu-waktu muncul.

Film Split memang bukan film baru. Film ini sudah tayang beberapa waktu silam dan meraih banyak pujian. Film yang pemeran utama dari pemilik multikepribadian dimainkan oleh James McAvoy ini mendapat banyak pujian baik dari ceritanya yang tidak klise maupun akting dari James yang bisa memainkan banyak kepribadian. Setiap kepribadian memiliki ciri unik dan James berhasil menunjukkan kekhasan setiap karakter dan berubah dengan cepat.

Dari para korban memang hanya Casey yang mencolok. Ia gadis yang pemberani dan seorang pejuang.

Kisah pemilik multikepribadian memang pernah populer lewat lisah Cybill yang memiliki 16 kepribadian dan akhirnya bisa menyatukan tiap kepribadiannya. Si Billy juga memiliki 24 kepribadian dan memiliki masalah serta menjadi sorotan publik ketika ia berhadapan dengan kasus kriminal. Oleh karena pemilik multikepribadian dalam film ini digambarkan memiliki sisi brutal maka film ini juga mengandung kontroversi karena dikuatirkan pemilik multikepribadian akan mendapat kesan kurang baik dari masyarakat.

Terlepas dari kontroversi, sutradara film M Night Shyamalan berhasil membuat penonton terhanyut dan merasa terkecam oleh aksi Kevin yang perlahan-lahan berubah menjadi monster. Sudah lama Shyamalan kurang berhasil menciptakan film yang benar-benar bagus. Filmnya tentang Putri Salju benar-benar buruk. Tapi untuk kali ini saya puas dan suka dengan adanya sekuel mengaitkannya dengan film sukses Shyamalan lainnya, Unbreakable.

Detail Film:
Judul : Split
Sutradara : M. Night Shyamalan
Genre : Thriller
Pemeran : James McAvoy, Anya Taylor-Joy, Betty Buckley
Rating : 7,5/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada April 7, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: