Kisah Cinta Beda Kultural di Ali and Nino

Sebuah kisah cinta bisa saja berlatar budaya dan agama yang berbeda. Inilah yang menimpa sepasang kekasih yang bertemu di Baku, Azerbaijan, berlatar sebelum, sedang, dan setelah perang dunia pertama. Kisah cinta dalam film berjudul Ali and Nino ini diangkat dari sebuah novel populer berjudul sama yang ditulis Kurban Said (nama samaran Lev Nussimbaum).

Keduanya bertemu dalam sebuah pesta. Nino terpaku pada seorang pemuda dari keluarga muslim terpandang yang berkelakuan sopan santun. Pangeran itu berasal dari Baku, Azerbaijan. Ia bernama Ali Khan Shirvanshir (Adam Bakri)

Nino Kipiani (Maria Valverde) adalah puteri bangsawan dari Georgia. Ia dan keluarganya menganut protestan. Saat itu Georgia dan Azerbaijan merupakan negara berdaulat sebelum kemudian dipaksa bergabung dengan Uni Soviet pasca revolusi Bolshevik. Di negara-negara tersebut Islam dan protestan tumbuh berdampingan dengan rukun.

Namun agama dan perbedaan budaya tetap menjadi alasan orang tua Nino menampik lamaran Ali. Ayah Nino berdalih putrinya masih muda dan oleh karena saat itu terjadi perang dunia pertama dan pemberontakan terhadap Tsar maka ia meminta Ali bersabar hingga perang usai.

Ali kemudian mengadu ke temannya, Melik, bangsawan Armenia. Kawannya bukannya membantu, malah memperburuk suasana karena ia jatuh cinta dan hendak menculik Nino. Kedua insan tersebut pun dihadang oleh berbagai rintangan. Akankah keduanya menyatu?

Film ini menarik karena memertemukan dua budaya dan agama yang berbeda. Pada awal abad ke-20 memang lazim terjadi pernikahan dua budaya dan agama tersebut di negara-negara Eropa Timur, oleh karena dua agama tersebut tumbuh secara rukun dan harmonis.

Ada latar berbagai peristiwa sejarah di sini, dari revolusi yang menggulingkan Tsar, perang dunia pertama hingga kisah Azerbaijan yang jarang dikupas.

Panorama Azerbaijan memanjakan mata. Perubahan sifat Ali dan Nino juga terlihat sepanjang film, dimana mereka ditempa oleh berbagai kesulitan yang menimpa kehidupan mereka.

Memang filmnya agak datar, tapi lumayan untuk menambah khazanah tentang negara-negara Eropa Timur seperti Georgia dan Azerbaijan.

Detail Film:
Judul : Ali and Nino
Sutradara : Asif Kapadia
Pemeran : Adam Bakri, Maria Valverde, Mandy Patinkin, Connie Nielsen
Genre : drama, romansa, perang
Skor : 7/10
Gambar CBW dan Meydan TV

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 30, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: