Ke Masjid Agung Jami’ Malang

Petang itu Alun-alun Kota Malang begitu ramai oleh pengunjung. Sejak direnovasi, taman ini memang nampak lebih cantik. Ada air mancur, wahana permainan anak-anak cuma-cuma dan sebagainya. Setelah senja membayang, sebagian pengunjung beralih tempat ke sebelah barat, di Masjid Agung Jami’ Malang.

Masjid Agung Jami’ Malang ini salah satu masjid tertua di kota Malang. Bangunan ini didirikan pada tahun 1890 dan digunakan mulai tahun 1903. Lokasinya mengikuti pakem Jawa pada umumnya, yaitu di dekat alun-alun ada tempat beribadah.

Bangunan masjid ini berbentuk bujur sangkar. Arsitekturnya memadukan gaya Jawa dan Arab. Menara yang menjulang memperindah masjid ini sehingga banyak yang berfoto di alun-alun dengan latar masjid ini.

Ketika memasuki masjid ini, ada tempat untuk duduk-duduk yang dipisahkan antara pria dan wanita. Bedhug berukuran besar terdapat di teras. Tempat wudhunya bersih dan kran airnya cukup banyak. Ada kolam air sebelum memasuki tempat berwudhu tersebut, sehingga jika menggunakan celana panjang perlu dilipat terlebih dahulu agar tidak basah. Oh ya pengunjung boleh meminjam mukena di sini pasca berwudhu.

Bagian Depan Masjid Jami’ malang

Tempat sholat untuk perempuan cukup luas. Setelah sholat Maghrib di sini, baru terlihat begitu banyak pengunjung yang beribadah di tempat ini. Mereka umumnya pengunjung taman alun-alun dari luar kota yang ingin mencicipi pengalaman beribadah di masjid besar ini.

Tak jauh dari masjid ini terdapat gereja. Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) Immanuel ini juga berusia tua, yakni didirikan pada tahun 1861, namun kemudian mengalami renovasi pada tahun 1912 dan 2005.

Bersebelahannya dua tempat ibadah ini menunjukkan toleransi beragama yang indah di kota Malang. Seringkali saat sholat Id, jamaah juga meluberi jalanan di depan gereja tersebut dan tidak pernah dipersoalkan. Sebuah bukti bahwa sejak dulu bangsa Indonesia saling menghargai dan memiliki toleransi beragama yang indah.

Gereja immanuel merupakan gereja tertua di Malang

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 3, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: