Sherry & The Four Seasons dalam Jersey Boys

Dari dulu suka banget dengan film musikal. Selain jalan ceritanya biasanya inspiratif karena mengisahkan perjuangan musisi dari bawah serta suka dukanya, film musikal membuatku tersenyum-senyum mendengar lagu-lagu dalam film. Jersey Boys sendiri mengisahkan sepak-terjang kuartet populer tahun 69-an, The Four Seasons.

Siapa sih The Four Seasons? Aku sendiri juga baru tahu hahaha. Tapi ketika tahu salah satu lagunya yang hits, aku kontan tertawa. Ooh ternyata mereka yang melahirkan dan mempopulerkan lagu Can’t Take My Eyes on You. Kalian pasti tahu kan lagu itu?! Lagu yang hits hingga saat ini.

Film ini mengisahkan empat anggota awal The Four Seasons, dengan titik berat pada Tommy DeVito dan Frankie Valli. Sebagai narator di awal adalah Tommy DeVito, baru di beberapa adegan si narator berganti menjadi Bob Gaudio dan Frankie Valli.

Pada tahun 1951 dikisahkan Tommy DeVito (Vincent Piazza) membentuk band bersama saudaranya, Nicky, dan sahabatnya, Nick Massi (Michael Lomenda) bernama The Variety Trio di New Jersey. Mereka bersahabat dengan remaja bernama Frankie Castelluccio (John Llyod Young), anak pemilik cukur rambut. Ia dikenal di lingkungan tetangganya memiliki vokal yang unik. Kemampuan bernyanyinya menarik perhatian mafioso yang disegani, Angelo DeCarlo (Christopher Walken).

Tommy dan Nick Massi suka berbuat nakal hingga keluar masuk penjara. Ketika mereka keluar dari bui, Frankie pun bergabung menjadi The Four Lovers, namanya diubah menjadi Frankie Valli. Mereka pun tampil di pentas-pentas kecil.

Tom merasa mereka perlu perubahan dan perkembangan. Mereka pun mencari penulis lagu, maka Bob Gaudio (Erich Bergen) pun direkrut setelah adiknya keluar. Mereka pun kemudian membuat beberapa demo. Hingga suatu saat Bob Crewe (Mike Doyle), produser di New York tertarik kepada mereka. Sayang selama setahun mereka hanya menjadi backing vocal, sehingga membuat mereka seperti berjalan di tempat.

Terinspirasi dari sebuah papan di tempat bowling, mereka mengubah nama band menjadi The Four Seasons. Lagu Sherry buatan Bob Gaudio pun kemudian direkam dan sukses. Tanpa diketahui teman-temannya, Tom berhutang pada rentenir untuk biaya rekaman tersebut.

Mereka makin sukses, setelah Sherry, lagu berikutnya Big Girl Don’t Cry juga mengundang banyak perhatian. Menyusul tembang Walk Like a Man. Isu hutang Tom pun menyeruak. Nasib band pun terancam.

Film besutan Clint Eastwood ini secara tak terduga rupanya menarik. Menyenangkan untuk diikuti. Sebuah kisah musikal di New Jersey dengan latar musik ala Broadway dan bumbu mafia.

Ceritanya tidak hitam putih, tokoh-tokohnya punya masa lalu yang tidak seputih kertas. Upaya mereka berjuang juga tidak selalu mulus dan melalui jalan lurus. Ide nakal seolah-olah selalu ada pada benak Tommy DeVito sehingga merepotkan sekelilingnya.

Lagu-lagu di sini meski jenis lagu tahun 60-70 an enak dinikmati. Cara mereka bernyanyi secara kuartet itu menarik, apalagi vokal Frankie Valli itu unik, jenis suara tenor dengan head voice. Vokal dia yang bikin kuartet ini khas.

Lagu Sherry memiliki musik yang ear catchy. Sederhana dengan nada yang membuatmu ingin bergoyang. Lagu Big Girl Don’t Cry juga asyik, khas lagu masa itu. Dan yang paling epik adalah lagu Can’t Take My Eyes on You yang ternyata versi originalnya juga asyik didengar dan terasa megah.

Para pemain di sini bisa bernyanyi dan menari dengan baik. Dari segi performa, yang mencuri perhatian adalah Michael Lomenda sebagai Nick Massy yang flamboyan dan pandai mengatur nada juga aktor gaek Christopher Walken yang menjadi sosok mafioso.

Detail Film:
Judul : Jersey Boys
Sutradara : Clint Eastwood
Pemeran : John Llyod Young, Erich Bergen, Michael Lomenda, Vincent Piazza, Christopher Walken, Mike Doyle
Genre : Drama, musikal
Rating : 7,5/10
Kredit:
historyvshollywood.com
youtube.com/@jerseyboys

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 6, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: