Hunting Barang Bekas Keren di Prelo

Hei apakah Kamu hobi mengoleksi sesuatu hingga bersedia membeli versi barang bekasnya? Hehehe aku ngaku kalau kadang-kadang aku juga suka beli barang bekas terutama buku. Mengaduk-aduk rak buku bekas kemudian menemukan buku langka itu rasanya momen berharga banget.

Apakah hanya buku? Selain buku dan majalah, aku juga pernah diajak kawanku berburu album kaset bekas. Jaman dulu album kaset masih ngetren dan aku juga mengoleksi. Agak susah menemukan penjual kaset bekas yang memajang lagu-lagu favorit. Sepertinya hanya 1-2 kali aku menemukan penjualnya. Kini koleksi kasetku hanya menjadi pajangan karena pemutarnya sudah rusak dan aku belum memilikinya.

Bagaimana dengan pakaian? Wah aku terus terang agak ragu dengan pakaian second terutama pakaian bekas impor karena kita tidak tahu siapa yang pernah menggunakannya. Dulu pernah sih dapat blazer yang bagus di Pasar Senen. Sebelum kupakai, kurendam dengan air yang baru kuangkat dari kompor lalu kucuci dengan sabun cuci beberapa kali.

Saat ini membeli atau berjualan barang second tidak lagi dianggap hal yang memalukan atau kurang bergengsi. Kalau ada yang murah dan kualitasnya bagus kenapa nggak? Toh kalau tidak bilang-bilang juga mungkin kawan-kawan Kalian juga tidak tahu barang yang ada di sekitar Kalian adalah barang bekas.

Sekarang sudah banyak marketplace yang menangani jual beli barang second. Salah satu marketplace lokal dari Bandung adalah Prelo. Di sini pembeli dan penjual bertemu dengan produk berbagai barang bekas dari buku, koleksi fashion hingga gadget. Kalau dilihat-lihat koleksinya lumayan banyak dan beragam. Dan di sini keunggulannya adalah boleh melakukan tawar-menawar melalui fitur chat, aman karena menggunakan rekening bersama dan minimalnya tindakan hit and run.

Apps Prelo mudah digunakan

Untuk melakukan pembelian di Prelo, Kalian perlu unduh dan install aplikasi mobile-nya yang bisa diunduh cuma-cuma di Google Playstore atau Apps Store. Setelah itu Kamu bisa daftar dan masuk dengan akun sosial mediamu, facebook atau twitter. Pembayaran bisa dilakukan dengan bank transfer, kartu kredit atau dengan Prelo balance/bonus. Ada beberapa barang yang bisa COD tapi harus berdasar kesepakatan penjual dan pembeli terlebih dahulu.

Fitur Prelo yang bisa diakses bila selesai registrasi

Koleksi yang bikin ngiler itu koleksi fashionnya. Pas sih dengan julukan Bandung yang dikenal sebagai salah satu kiblat fashion. Aku yang tadinya agak parno membeli barang bekas fashion jadi tergiur. Ada blazer semiformal dan sepatu yang ingin kucoba dan kubeli. Wah ukurannya pas ga ya? Bagaimana jika kebesaran atau malah kesempitan? Iya sih. Ini yang terkadang kukuatirkan ketika membeli produk fashion, masalah ukuran. Karena ukuran M atau L satu produk terkadang tidak sama satu sama lain.

Blazer marun ini cakep

Tapi serius sih aku pengin nih. Kalau kebesaran memang tidak bisa dikembalikan jadinya harus benar-benar paham ukuran kita. Beda dengan apabila produk tidak sesuai gambar dan deskripsi, jika itu terjadi barang bisa dikembalikan dan uang kembali.

Flat shoes murah nan anggun

Selain blazer dan sepatu, karena aku doyannya buku maka aku pun melihat-lihat koleksi buku bekas terutama buku impor atau koleksi buku yang sudah mulai langka. Ada buku yang menarik nih yaitu tentang membuat kerajinan dari manik-manik dan kerajinan washi dari Jepang. Juga ada buku Eva Ibbotson, pengarang favoritku berjudul Maskmaker. Wah aku baru tahu ada buku ini.

Buku Eva Ibbotson yang Kutaksir

Oh ya selain membeli, Kamu juga bisa lho berjualan barang preloved punyamu. Mungkin ada barang berhargamu yang sudah tidak dikenakan karena kesempitan, kebesaran atau Kamu sudah bosan membacanya. Wah kalau aku sih pengin jual clutch karena beberapa kali dapat kado clutch lucu-lucu sampai aku bingung kapan memakainya. Koleksi bukuku juga bejibun dan yang bikin ngakak kadang aku membeli satu buku secara berulang karena tidak ingat pernah memilikinya.

Buku-buku baru atau bekas yang salah beli ini sih kondisinya masih terawat. Jadi ingin kujual bukuku yang dobel tersebut dan kemudian aku beli buku bekas lainnya di Prelo yang belum kupunya.

Kalau Kamu ingin belanja atau jualan apa di Prelo?

Ket gambar: dari Prelo dan Pexels

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 31, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: