Kisah Gadis Kesepian dalam Shelter

Aku suka banget nonton animasi pendek di youtube. Durasinya singkat tapi banyak di antaranya yang membuatku tercekat dan terkesan. Salah satunya adalah Shelter. Animasi ala Jepang alias anime ini berkisah tentang seorang gadis remaja yang kesepian.

Rin tinggal seorang diri. Ia hanya punya sahabat boneka beruangnya dan sebuah gawai mirip tablet. Bersama tabletnya ia mampu melakukan apa saja seperti menciptakan suasana dan pemandangan yang ia inginkan, menggambar dan sebagainya. Hal tersebut menghiburnya. Namun, adakalanya Rin kesepian. Begitu kesepian hingga Rin sangat sedih dan sulit berpikir.

Ia tak tahu kemana orang-orang selain dirinya. Tak ada hewan juga. Kenapa ia seorang diri? Ia sulit mengingat masa lalunya. Yang diketahuinya ia tak lagi menerima surat atau pesan lebih dari 2500 hari atau sejak tujuh tahun lalu.

Di sebuah padang rumput Rin menemukan sebuah ayunan. Ketika tangannya menyentuh tali ayunan tersebut ada samar-samar wajah pria. Rin terkejut. Setelah itu Rin seolah-olah tersedot ke masa lalu. Ia melihat anak kecil mirip dirinya dalam versi mungil. Bersamanya ada pria dewasa yang lekat dalam benaknya. Ayahnya.

Si ayah selalu menemaninya bermain dan memasakkan makanan lezat untuknya. Ia memberi hadiah Rin sebuah boneka beruang. Jika Rin lelah dan ngantuk, maka ayahnya masih sibuk bekerja, merancang sebuah pesawat.

Tokyo akan hancur. Ayahnya mempersiapkan pesawat untuknya. Sebagai shelter. Rin dibekalinya dengan banyak benda bermanfaat. Boneka beruangnya pun  ikut serta.

Film ini begitu sepi, rasa kesepian Rin begitu menyentuh meskipun di awal film ia nampak tidak terganggu. Film ini jarang dialog, hanya Rin yang bergumam, selebihnya adalah musik. Musik yang ceria dengan nuansa EDM (electronic dance music) berkebalikan dengan nuansa film.

Film ini tentang rasa sepi. Meskipun hidup nyaman dengan kebutuhan cukup tapi manusia adalah makhluk sosial, dimana ia sebenarnya perlu kawan berbagi. Rin mencoba melawan rasa sepinya dengan terua berjuang mencari alasan untuk hidup. Ia menjadikan memori masa lalunya sebagai sumber kekuatannya.

Anime singkat berdurasi enam menitan ini memiliki coretan gambar yang indah. Filmnya dibuat oleh studio A-1 Pictures bersama Crunchyroll. Animasi ini musiknya dibuat oleh Porter Robinson dan MadeOn yang berprofesi sebagai produser musik dan DJ.

Videonya bisa Kalian simak di sini:

Kredit: A-1 Pictures dan Crunchyroll

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 20, 2017.

2 Tanggapan to “Kisah Gadis Kesepian dalam Shelter”

  1. Kenapa papanya ga ikut naik pesawat?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: