Kisah-Kisah Berawal dari Dapur

Memasak itu menyenangkan walaupun kadang merepotkan dalam hal mempersiapkannya. Memandangi hasil masakan, kemudian mencicipinya juga kegiatan yang asyik. Oleh karena itu aku sangat suka membaca kisah-kisah tentang masakan. Dalam novel grafis Korea berjudul Kitchen, pembaca diajak menjelajah penyebab kisah dan solusi masalah dari yang disiapkan di dapur. 

Komik memasak yang kusuka adalah Cooking Master Boy. Wah komik ini tidak bosan-bosannya kubaca. Aku selalu lapar dan suka memandangi masakan yang dihasilkan. Saat mereka memasak aku juga membayangkan dapatkah aku memasak seperti mereka.

Jika Chuuka Ichiban alias  Cooking Master Boy berkaitan dengan upaya Liu Mao Hsing berjuang menjadi koki terhebat dan menguasai berbagai teknik memasak, maka dalam novel grafis Korea berjudul Kitchen itu ceritanya berpusat pada hal-hal yang bisa dijumpai sehari-hari. Cerita hal-hal biasa yang bisa ditemui di kehidupan setiap orang, tentang percintaan, perpisahan, kehilangan orang yang dicintai, kerinduan dan sebagainya.

Ada banyak kisah menarik dalam buku ini. Salah satunya kisah empat perempuan yang berbeda perangai. Mereka akan sulit bertemu dan sepertinya tidak mungkin berteman. Namun, tiram menyatukan mereka. Mereka makan dengan rakus dan bersikap apa adanya pada saat momen bersantap kerang tersebut.

Ada pula kisah seorang remaja yang enggan jika disuruh ibunya mengunjungi neneknya untuk mengambil acar cabe. Neneknya sudah tua tapi masih aktif bertanam sebagai petani. Mereka sering bertengkar jika bertemu. Namun tanpa disadari si cucu dan nenek itu saling menyayangi. Si nenek rupanya selalu membuatkan acar cabe khusus buat cucunya tersebut. Dan si cucu enggan membuatnya sendiri karena ia memang menyukai acar cabe buatan nenek.

Kisah menarik lainnya tentang sup panjang umur yang disajikan pada saat tahun baru. Sup khas Korea ini disajikan dalam keadaan hangat dengan kaldu daging dan isian berupa kue beras yang hambar dan mandu yang berasa tajam. Konon jika kita menyantapnya maka usia kita akan bertambah setahun.

Kisah lainnya adalah para gadis muda yang tersesat di pegunungan. Mereka bertemu seorang ibu dan meminta ijin untuk tinggal. Si ibu memasak dengan sayuran dan rempah dari gunung tersebut. Kesegaran dan kelezatan rasanya membuat lidah mereka menari-nari. Mereka seperti melayang-layang menikmati kelezatan masakan tersebut.

Novel grafis Kitchen ini memiliki ilustrasi yang indah. Tampilan masakannya menggoda selera. Jadi lapar deh memandanginya.

Novel grafis ini dibuat oleh Jo Joo Hee dan diterbitkan oleh Noura Book Publishing. Aku membacanya cuma-cuma di perpustakaan online iJakarta biasanya menjelang tidur agar mimpi indah menyantap aneka masakan.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 3, 2017.

2 Tanggapan to “Kisah-Kisah Berawal dari Dapur”

  1. Hallow salam kenal (www.kabarportal.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: