Nu Metal Apakah Merusak Sejarah Musik Rock?

Nu metal hadir sekitar akhir tahun 1990-an dan memasuki awal tahun 2000. Nu metal juga disebut rock metal dan hip hop rock karena seolah-olah memadukan genre rap ataupun hip hop dengan musik metal. Para punggawanya yang beken adalah Korn, Slipknot, POD, Limp Bizkit, Papa Roach, dan masih banyak lagi.

Aku mendengar sebagian genre musik rock. Ya, hanya sebagian kecil dari kerajaan besar musik rock yang terbagi-bagi menjadi kerajaan kecil, seperti metal, rock balada, industrial rock, rock alternatif, punk, emo, pyschedelic,black metal dan sebagainya yang kuperdengarkan. Masih banyak aliran yang jarang atau enggan kudengarkan seperti speed metal,doom metal, dan kawan-kawannya. Aku heran ketika mengetahui alasan Limp Bizkit banyak dibenci. Apakah karena genre mereka merusak sejarah metal?

Aku suka musik nu metal dan aku juga pernah menyukai lagu-lagu Limp Bizkit dan mengagumi kualitas suara Fred Durst. Menurutku lagu-lagu mereka apik, meskipun sebagian besar lirik mereka agak payah.

Lagu-lagu Limp Bizkit yang kuingat dan kusuka di antaranya ada Nookie (liriknya parah, tapi musiknya ciamik), Just Like This, Faith, dan Take a Look Around yang menjadi soundtrack film Missiom Impossible 2. Menurutku lagu mereka tak buruk, kecuali yaaaah ada sebagian lirik yang gimana gitu. Memang sejak si gitaris Wes cabut, lagu-lagunya mengalami penurunan.

Untuk Korn dan Slipknot aku masih suka mendengar lagu-lagu mereka. Untuk Korn aku masih lebih suka album-album awal mereka. Musiknya lebih bisa dinikmati. Sedangkan untuk Slipknot kurasa lagu-lagu mereka berubah, tidak lagi murni nu metal seperti dulu. Lebih gelap dan lebih brutal.

Aku tidak tahu apakah kupingku buruk tapi menurutku nu metal itu salah satu genre musik rock yang asyik. Gaya ngerap penyanyinya malah lebih bagus dari sebagian penyanyi rap, seperti Corey Taylor dalam Spit it Out dan Papa Roach dalam Between Angels and Insects. Hahaha aku bilang seperti ini mungkin juga bakal dikecam penggemar musik rap. Vokalis Linkin Park, Mike Shinoda juga porsi ngerapnya lumayan banyak di album awal LP dan kualitas ngerapnya juga asli keren.

Menurutku tidak ada salahnya musik rock digabungkan dengan rap dan hip hop. Bukankah juga ada blues rock, pop rock, acid rock dan sebagainya?

Saat ini nu metal juga mulai memudar. Aku sendiri tidak tahu genre rock apa yang sekarang ngetren. Emo juga sudah memudar. Ya biarkan saja musik rock itu hadir dan memiliki genre bervariasi. Toh penggemar bebas menentukan musik yang disukai.

Gambar dari pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 14, 2018.

6 Tanggapan to “Nu Metal Apakah Merusak Sejarah Musik Rock?”

  1. Salah juga lumayan suka nu metal.. kayaknya alternative rock yang masih lumyan booming, tapi sebagian band nya juga beralih ke pop rock atau malah electropop

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: