“It’s My Life” No Doubt vs Talk Talk, Suka yang Mana?

Ada yang suka dengan band No Doubt yang namanya melambung dengan lagu berjudul Don’t Speak? Lagu-lagu band yang personelnya perempuan bernama Gwen Stefani ini banyak yang enak. Salah satu yang kusuka tembang berjudul It’s My Life. Lagu ini memiliki melodi yang asyik, terutama iringan basnya. Vokal Gwen yang khas juga pas memberikan emosi dan nyawa pada lagu ini. Namun, ternyata lagu ini bukan original milik No Doubt. Melainkan milik band tahun 80-an asal Inggris, Talk Talk. Lagu ini pada masanya, baik tahun 80-an dan pertengahan tahun 2000-an sempat beken. Kalau Kalian lebih suka yang versi Talk Talk atau versi Gwen bareng No Doubt-nya.

Lagu It’s My Life merupakan lagu yang diciptakan oleh Mark David Hollis dan Timothy Friese-Greene. Lagu ini dirilis oleh band bernama Talk Talk pada tahun 1984. Lagu ini berhasil masuk tangga lagu berbagai negara, termasuk raih posisi pertama pada tangga lagu US Hot Dance Club Play.

Tentang apa sih It’s My Life? Lagu ini jika menilik dari liriknya, berkisah tentang penyangkalan diri seseorang dalam hubungan romansanya dengan orang lain. Ia merasa tersiksa dengan hubungannya tersebut, tapi tak berani untuk bersikap karena takut kehilangan dirinya.

Ia berupaya meyakinkan dirinya sendiri bahwa ini adalah hidupnya, ia bisa memilih untuk terus bertahan atau pergi. Tapi ia ternyata tak sanggup untuk melakukannya dan terus terpenjara oleh ketidakberaniannya bersikap.

It’s funny how I find myself in love with you
If I could buy my reasoning I’d pay to lose
One half won’t do
I’ve asked myself
How much do you, commit yourself?

It’s my life
Don’t you forget
It’s my life
It never ends

Aku suka kedua versi ini, tiap versi punya keunggulannya masing-masing. Pada versi original milik Talk Talk musiknya lebih kaya dengan adanya berbagai sound unik dan synthesizer. Isi lagunya juga mudah tersampaikan. Outronya juga lebih panjang dan asyik didengar. Nuansa tahun 1980-annya begitu terasa.

Siapakah Talk Talk? Talk Talk merupakan band Inggris yang lahir tahun 1981. Mereka salah satu band pengusung genre new wave seperti halnya Duran Duran. Lagu-lagu populer mereka selain It’s My Life yaitu Talk Talk, Today, Such a Shame, dan Dum Dum Girl. Band ini kemudian bubar tahun 1991. Lagu It’s My Life ini ada dalam album kedua Talk Talk berjudul It’s My Life (1984).

Lantas bagaimana versi No Doubt?
Versi No Doubt lebih ngerock dan lebih terkesan modern. Vokal Gwen yang khas membuat lagu ini berasa lagunya sendiri. Iringan basnya lebih terdengar jelas sehingga makin sedap didengar.

Video klip It’s My Life bercerita tentang black widow yang suka membunuh pasangannya hingga ia kemudian tertangkap dan akan dihukum mati dengan latar tahun 1930-an. Lagunya dibawakan dengan apik oleh Gwen Stefani, namun cerita dan nuansanya jadi beda. Lagu ini menjadi seperti balas dendam karena mendapat perlakuan tak sesuai.

Lagu It’s My Life ini tercakup dalam kumpulan lagu terbaik No Doubt berjudul The Singles 1992-2003. Lagu ini sukses besar dan meraih berbagai nominasi penghargaan. Berkat It’s My Life, No Doubt raih nominasi penghargaan Grammy untuk kategori Penampilan Pop Terbaik oleh Duo atau Grup dengan Vocal, nominasi MTV Video Music Award untuk Sinematografi Terbaik dan Best Art Direction, serta nominasi People’s Choice Awards untuk Favorite Remake.

Wah mumpung masih hujan, dengar lagu ini lagi ah.

gambar dari youtube vevo, lastfm, dan allmusic

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Maret 1, 2018.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: