Terkenang Materi dan Asyiknya BloggerDay 2018 di Ashley Hotel Jakarta

Hari itu (17/3) langit pagi Jakarta sedang mendung dan hawa sedikit gerah. Aku yang berjalan kaki dari Stasiun Gondangdia, mulai berkeringat. Rasanya bak menemukan oase ketika memasuki lobi Ashley Hotel Jakarta. Kesejukan langsung menerpa. Indera penciumanku juga dimanjakan oleh keharuman unik serai wangi (lemon grass) yang menentramkan. Badanku kembali segar dan rileks. Aku siap mengikuti BloggerDay 2018 di Ashley Hotel Jakarta delapan jam mendatang.

Tanggal ini sudah kutandai di kalender. Aku ingin menambah ilmu tentang dunia menulis dan peluang blogger saat ini, juga tentunya bercengkrama dengan seratusan blogger yang menjadi peserta acara ini. Sebagian di antaranya sudah kukenal sehingga aku asyik cipika cipiki sambil mengobrol kesana kemari. Sebagian lainnya menjadi kawan baru.

Sejak tiga tahun silam kehadiran blogger terus bertambah. Menurutku ini kabar bagus karena ini menunjukkan kemauan dan kemampuan menulis masyarakat semakin meningkat. Mungkin yang perlu ditingkatkan adalah kualitas konten, etika ngeblog, dan juga bagaimana agar tidak terjebak iming-iming menyebarkan berita hoax dan yang bermuatan SARA.

Sudah banyak yang mejeng

Sembari menunggu acara dimulai, aku berkeliling hotel. Wah ada banyak sudut-sudut cantik pada hotel di jalan Wahid Hasyim Jakarta Pusat. Pastinya sudut-sudut cantik ini menjadi incaran netizen yang gemar berfoto untuk menambah koleksi foto di instagramnya. Wah beneran, ada banyak peserta BloggerDay 2018 yang asyik berfoto, baik di sofa di area lobi, di sekitar lemari hias dan juga tempat duduk di area restoran. Memang instagrammable sih.

Acara pun dimulai. Kami dikumpulkan dalam satu ballroom yang memuat lebih dari 100 blogger. Wow ramainya. Meskipun pesertanya banyak, dengan pengaturan sedemikian rupa, kami tetap dapat bergerak leluasa. Botol-botol air mineral telah disiapkan di meja panjang agar kami tak dehidrasi selama delapan jam mengikuti acara. Toilet pun juga tak jauh dari ballroom sehingga kami tetap merasa nyaman.

Senyum manis dulu ah (foto oleh Ditto)

Selama acara di Ashley Hotel, aku menggunakan WIFI yang disediakan secara cuma-cuma oleh pihak hotel. Asyiknya tidak perlu repot-repot atur koneksi, juga tidak perlu memasukkan password. Koneksi WIFI berlangsung dengan cepat dan mudah. Akses internetnya juga lumayan cepat. Wah dengan adanya WIFI gratis ini jadi semangat untuk menyebarkan acara Bloggerday 2018 lewat media sosial, dan tentunya hemat hehehe.

Oke, mumpung acaranya di hotel, rasanya kurang lengkap tanpa bahas tempat lokasinya terlebih dulu. Bahas Ashley Hotel dulu ya

Hotel Bisnis yang Cozy  dan Strategis di Dekat Pusat Hiburan

Hayo siapa yang sering rapat di hotel? Bagi yang bekerja di seputaran Jabodetabek, tentunya tak asing dengan penyelenggaraan rapat alias meeting dan workshop di hotel. Kantor lama dan sekarang termasuk yang kerap mengadakan meeting untuk keperluan forum group disscussion (FGD), melakukan memorandum of understanding (MoU), transfer knowledge, dan masih banyak lagi.

Fauzan Azima Comm Management Ashley Hotel menjelaskan tentang fasilitas hotel

Tempatku bekerja sekarang berlokasi di Depok dan terkadang di Salemba. Usaha layanan kami bergerak di bidang teknologi informasi, mulai dari pembuatan sistem aplikasi, hingga jasa konsultasi dan solusi sistem informasi/teknologi informasi seperti penyusunan IT blueprint, IT masterplan, IT risk management, dan sebagainya. Klien kami sebagian besar berkantor di Jakarta, khususnya Jakarta Pusat. Biasanya kami yang mendatangi langsung kantor klien kami untuk melakukan assessment dan konfirmasi. Akan tetapi untuk aktivitas-aktivitas khusus seperti FGD, kami  memerlukan tempat meeting yang cukup besar, oleh karena biasanya peserta dari pihak klien lebih banyak, dari level staf hingga manajer atau hingga setaraf direktur agar hasil rapat bisa signifikan dan bisa menghasilkan keputusan.

Ashley Hotel Hotel Bisnis yang Nyaman (sumber: Ashley Hotel)

Jika waktu pembahasannya tidak terlalu lama maka kami biasanya cukup memesan tempat rapat untuk seharian. Akan tetapi jika dianggap perlu dilakukan beberapa kali pembahasan hingga tingkat panel, maka kami memerlukan tempat rapat sekaligus tempat menginap. Tujuannya, agar peserta rapat bisa benar-benar fokus, tidak harus pusing memikirkan untuk berangkat dan pulang kembali ke lokasi rapat. Ini Jakarta bung hahaha, apabila pengambil keputusan terjebak macet, bisa-bisa bawaannya bete selama rapat dan hasilnya buruk.

Nah, biasanya tempat favorit untuk rapat dan menginap itu di Puncak dan Bandung. Tapi karena saat ini arah menuju tempat tersebut sering macet, maka daerah Jakarta menjadi alternatif, apalagi jika tempatnya strategis dan mudah dicapai oleh transportasi umum. Salah satu yang terekomendasi adalah Ashley Hotel Jakarta di jalan  KH Wahid Hasyim No 73-75 Jakarta Pusat, dimana  lokasinya bisa dicapai tak lebih dari 15 menit dari Stasiun Gondangdia.  Yang tinggalnya di Depok, Bekasi, Tangerang atau Jakarta cukup naik commuter line menuju hotel ini, bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki atau naik ojek. Praktis dan mudah.

Lobinya nyaman nih (sumber: Ashley Hotel)

Desain interiornya cakep, instagrammable banget (sumber: Ashley Hotel)

Ashley Hotel Jakarta ini beroperasi sejak November 2016 dan merupakan hotel di bawah manajemen Prima Hotel Indonesia. Hotel ini merupakan jenis hotel bisnis, namun juga nyaman bagi keluarga yang ingin menghabiskan akhir pekan, sembari menikmati pusat hiburan Jakarta.

Nilai keunggulan dari hotel ini memang adalah lokasinya yang strategis dan pas bagi para pebisnis karena lokasinya yang dekat dengan perkantoran dan kawasan bisnis Jakarta. Mereka yang dari luar kota dan melakukan perjalanan dinas ke Jakarta akan diuntungkan dengan lokasi ini. Sembari melakukan perjalanan dinas, usai acara bisnis mereka bisa menikmati wisata kuliner di kawasan Sabang, berbelanja di pusat perbelanjaan yang keren seperti di Grand Indonesia, menonton film di Jakarta Theatre atau di Plaza Indonesia, atau berwisata sejarah dengan mengunjungi Monas dan Museum Gajah.

Bisa juga dibuat model kelas, selain bentuk U (sumber: Ashley Hotel)

Sedangkan keuntungan bagi perusahaan, mereka bisa mengadakan rapat di sini, baik rapat dengan jumlah peserta yang besar hingga ratusan dengan memanfaatkan ballroom, maupun dengan model kelas atau panel. Ada sebelas meeting room dan sebuah ballroom di Ashley Hotel, sehingga perusahaan tidak pusing-pusing mencari ruang rapat. Meeting room-nya juga representatif dan dapat disesuaikan dengan  kebutuhan. Hal ini dikarenakan Ashley Hotel Jakarta memiliki sistem break-out room dan kecanggihan teknologi yang canggih, sehingga mau FGD, tanda tangan Mou< presentasi bisnis, seminar, maupun transfer knowledge juga bisa.

Rapat diselingi video conference juga tak masalah. Oleh karena tiap ruangan telah disediakan WIFI yang cepat tanpa perlu password. Peserta rapat juga jadinya tak perlu pusing untuk memeriksa pekerjaan di kantor karena tetap terkoneksi dengan jaringan internet.

Lantas bagaimana dengan fasilitas kamar?

Apabila peserta rapatnya mencapai puluhan atau mencapai 100 orang juga tidak perlu bingung. Ashlet Hotel Jakarta punya 108 kamar, dengan lima tipe kamar, mau yang  Studio, Executive, Deluxe, Superior, dan Ashley Suite? Tinggal disesuaikan dengan bujet. Seluruh kamar juga di dalamnya terdapat mini bar, coffe dan tea maker, amenities, LED TV, tempat tidur yang empuk dan nyaman, serta audio besutan JBL Horizon. Jadinya selepas rapat, jika enggan berwisata kuliner, kongkow ataupun nonton film, maka bisa istirahat dengan nyaman di dalam kamar.

Habis rapat tidur nyenyak (sumber: Ashley Hotel)

 

Bikin segar setelah rapat seharian (sumber: Ashley Hotel)

Di lantai dasar terdapat Adele Dining Restaurant yang interiornya kece. Variasi menu yang terdapat di Adele Dining Restaurant pun bervariasi mulai dari masakan tradisional Indonesia, Asia Tenggara, hingga Western. Tempat ini melayani buffet breakfast dan juga ala-carte. Sambil menunggu makanan disiapkan, juga bisa foto-foto dan unggah di medsos.

Oh ya biasanya ada paket khusus nih untuk meeting dan menginap. Jika perusahaan tempat Kalian bekerja tertarik atau ada teman dari luar kota mau menginap di Jakarta bisa langsung menghubungi website Ashley Hotel Jakarta atau menekan (021) 310 0355 untuk memesan.

Cakep kan restorannya

Nambah Ilmu dan Perkenalan BCC BloggerPreneur di BloggerDay 2018

Ada yang belum kenal dengan Bloggercrony? Saat ini ada banyak komunitas blogger keren. Salah satunya adalah Bloggercrony. Acara BloggerDay 2018 juga merupakan peringatan BloggerCrony Community 3rd Anniversary. Acara ini kaya sponspor dari Ashley Hotel Jakarta, Indosat Ooredoo, Photobooth Alfa Kreasi, Lunch box Tumpeng Ayu Dapur Solo, Anns Bakehouse, Markamarie,   Rejuve Skin Lab, dan Sandeeva Spa & Reflexology

Makan siang nasi tumpeng nikmat dari Dapur Solo

Ada dua materi keren yang pastinya menambah ilmu para blogger dari pembicara yang juga inspiratif. Keduanya adalah Tuhu Nugraha dan favorit para digital people yaitu bang Anwar Natari. Ilmunya ini banyak dan pas dipraktikan oleh para blogger dan mereka yang tertarik untuk mengambil peluang di ranah maya.

Tuhu Nugraha membahas tentang Fenomena dan Strategi Kreatif. Paparannya banyak menohok para influencer masa kini. Menurutnya saat ini sudah begitu banyak influencer, baik dari para blogger, youtuber, dan seleb twitter, juga selebram. Banyak yang mendapatkan peluang dari media sosial tersebut, tapi sampai kapan hal tersebut eksis?

Tuhu menjelaskan tentang fenomena medsos saat ini

Ia melihat hal tersebut sebagai sebuah fenomena yang menarik. Namun, karena banyak yang sifatnya ikut-ikutan maka konten di media sosial pun banyak yang mirip. Lantas apa yang membedakan blog punyamu dengan lainnya, apa keistimewaan blogmu atau videomu jika dibandingkan dengan milik orang lain? Untuk itu Tuhu menekankan pentingnya kualitas konten, buatlah sesuai dengan targetmu. Jika kontenmu memiliki sasaran anak muda, ya tentunya beda dengan konten untuk usia mapan. Selain kualitas konten, ia berpesan agar masyarakat Indonesia itu tetap kreatif dan mengasah diri. Persaingannya sekarang makin sengit, yang bsia bertahan adalah mereka yang mau belajar, rajin mengasah diri, dan tetap kreatif.

Bang Anwar Natari yang akrab dengan Away menjelaskan tentang Creative Writing Mind Mapping. Kalian pastinya pernah mendengar ya. Mind mapping ini sangat membantu dalam menguraikan ide. Ia bisa menjadi alat eksplorasi, pelengkap metode linear, visual ide, dan sebagainya. Caranya juga tidak sulit, cukup dengan meletakkan topik di tengah, kemudian gunakan garis lengkung, warna berbeda, keyword pendek, dan gambar. Misalkan jika Kalian ingin menulis tentang Nirvana, maka Kalian bisa memulai dari mana saja, dari sejarahnya, hits mereka, personelnya dan sebagainya.

Nggak bosan mendapat ilmu dari Bang Away yang kocak ini

Ini mind mapping ku tentang Nirvana

Oh ya yang menarik lagi dalam acara BloggerDay 2018 ini juga diperkenalkan program baru Bloggercrony yaitu BCC BloggerPreneur. Jadinya, blogger juga bisa terus eksplorasi diri menjadi entepreneur. Banyak lho ternyata jagoan wirausahawan dari para blogger. Ada yang jualan minuman herbal dengan merk Mlegiki. Ada pula aneka produk madu dengan nama Syifa Madu, juga ada Dapur Ayah, Asinan, Naturlove Handamake Natural Soap, dan masih banyak lagi, kreatif banget ya.

Ini dia Eryani dengan produk minuman herbal Mlegiki-nya

 

Kalau ini produk madu untuk masker wajah

Aku pun menyoba Mlegiki, produk herbal dengan harga Rp 10-14 ribu. Variannya ada Kunyit Asem, Sinom, Serai Wangi, dan Sari Rapet. Segar dan manis. Aku juga mencobai madu Syifa untuk masker dan krim malam. Wajahku jadi lembab dan terasa sehat. Wah aku harus mencobai produk lainnya nih, siapa tahu aku ketularan jadi BloggerPreneur.

“Menjadi blogger adalah salah satu awalan, Kamu bisa mengeksplorasi diri sesuai minatmu dan raihlah mimpimu”

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Maret 31, 2018.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: