Aku, Nero dan Dan Brown

Membaca buku itu menyenangkan. Apalagi jika bukunya jenis hardcopy alias buku cetak bukan buku digital, karena lebih ramah di mata. Kemarin aku membaca buku Dan Brown terbaru berjudul Origin ditemani si Nero hingga dini hari.

Aku membeli buku itu hari Minggu tapi setelahnya belum kubaca sama sekali. Kemarin aku mengalami mata agak bengkak karena sudah berhari-hari meneliti tulisan dan angka-angka untuk urusan pekerjaan. Tapi aku tetap ingin membaca. Jadilah buku Origin ini yang kubaca. Hingga dini hari lewat jam satu, buku tersebut belum berhasil kuselesaikan. Aku ditemani oleh Nero jadinya aku merasa tenang dan tidak takut malam-malam terjaga sendirian.

Aku mengoleksi buku Dan Brown. Dulu aku mendapat hadiah istimewa dari seseorang buku Dan Brown berjudul The Da Vinci Code. Bukunya jenis hard cover. Aku lupa nama pemberi kado itu tapi aku sangat berterima kasih padanya. Buku tersebut menarik karena juga memuat sejarah agama dan makna simbol-simbol yang masih digunakan hingga sekarang.

Buku berikutnya adalah Angels & Demons yang juga seru. Dua buku lainnya yang masuk dalam serial petualangan Robert Langdon yaitu The Lost Symbol dan Inferno tetap menarik meskipun aku kurang suka jika dibandingkan dua buku sebelumnya. Oh ya aku sendiri belum menamatkan Inferno, malah langsung menonton filmnya.

Dua buku karya Dan Brown lainnya aku suka. Yang pertama adalah misi pengelabuan dalam Deception Point dan kedua tentang hal-hal yang berkaitan dengan latarku yaitu Digital Fortress. Di buku terakhir ini tokoh utamanya adalah perempuan cerdas yang jago dalam urusan TI terutama terkait enkripsi dan memecahkan kode-kode.

Nah, kali ini yang ada di depanku adalah buku berjudul Origin. Sudah masuk ke cetakan keempat. Cetakan pertamanya sendiri adalah November 2017. Hehehe aku telat.

Oke tokohnya tetap favorit Dan Brown yaitu Robert Langdon. Ceritanya berkaitan dengan hal yang kontradiktif yaitu asal usul manusia. Pertanyaan berikutnya yang disodorkan adalah, benarkah surga atau neraka itu ada dan menjadi kediaman akhir manusia? Ataukah manusia punya rute tersendiri kemana ia pergi setelah meninggal?

Duarrr pertanyaannya seram juga ya. Apalagi ini jelang puasa. Tapi sungguh aku penasaran. Teori apakah yang akan dikemukakan dalam buku ini.

Ceritanya Robert Langdon diundang oleh mantan mahasiswanya, Edmond Kirsch yang sukses menjadi ilmuwan dan pebisnis TI. Ia mengaku sebagai atheis dan ia berkata bahwa penemuannya akan menjawab dua pertanyaan fundamental tersebut. Ia berencana untuk menantang agama mana saja karena ia merasa yang selama ini disampaikan oleh agama-agama tersebut hanyalah dongeng.

Kirsch menemui tiga perwakilan agama terkemuka. Tiga tokoh agama tersebut langsung pucat dan menyadari temuan Kirsch itu belum waktunya dimunculkan, bakal terjadi kegegeran dan pelemahan iman. Nyawa Kirsch pun terancam. Ia memerlukan bantuan Langdon agar penemuannya bisa disebarluaskan.

Yup, penemuannya itu yang bikin penasaran. Apalagi dalam buku ini juga dibahas tentang cerita asal usul manusia dari berbagai agama. Simbol-simbol agama klasik dan modern pun dibahas. Rupanya kaum atheis juga punya simbol tersendiri dan yang bikin aku tertegun simbol tersebut rupanya beberapa kali kutemui.

Dan Brown itu menurutku memang seperti tokoh rekaannya, Robert Langdon. Ia sangat menyukai simbol-simbol dan paham sejarah seni juga paham banget tentang sejarah berbagai agama.

Hingga kemudian aku ngantuk dan tidur, aku belum sampai ke bab yang membahas apa sebenarnya penemuan Kirsch tentang jawaban yang akan menjadi kontroversial tersebut. Apakah teori tentang manusia bumi adalah separuh alienkah? Hehehe jadi semangat untuk menuntaskan bukunya.

Eh si Nero kesal lama-kelamaan kucuekin. Ia pun memilih jalan-jalan keluar malam menyapa kawan-kawannya.

 

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 12, 2018.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: