Mereka yang Datang dan Pergi

Dulu waktu masih bekerja di media cetak, aku sering mendapati pegawai yang keluar masuk. Waktu itu satu angkatanku terdiri dari 16 orang. Belum sampai enam bulan jumlahnya telah berkurang sembilan orang. Tekanan pekerjaan menjadi alasan salah satunya mereka memutuskan keluar dari pekerjaan.

Aku menjadi orang kesepuluh yang mengundurkan diri. Aku merasa kelelahan masa itu. Tapi sejujurnya aku menyukai pekerjaan sebagai kuli tinta. Aku menyukai proses mencari berita dan aku tak bermasalah dengan tenggat waktu penulisan. Aku hanya merasa lelah dan ingin mencari penyegaran. Aku merasa sayang dengan latar belakangku di bidang TI yang belum kumanfaatkan selepas lulus kuliah.

Bekerja di media cetak memang melelahkan. Tekanan pekerjaannya juga sangat besar. Dulu masih jaman cetak dan belum umum yang namanya situs berita. Alhasil kami berkompetisi agar berita kami bisa masuk koran. Jika tak masuk halaman maka berita bakal basi kecuali yang tulisan yang sifatnya feature.

Dulu dalam sehari aku bisa ke berbagai tempat. Rata-rata membuat dua hingga lima berita bergantung pada kondisi saat itu. Aku mencoba tak bergantung pada even dan berkeliling membuat berita. Tapi hal tersebut tak mudah. Awal-awal menjadi wartawan aku hampir menangis melihat berita-beritaku ditolak karena dianggap tak layak. Pernah berhari-hari tulisanku tak ada yang dimuat. Aku waktu itu pasrah sewaktu-waktu akan dipecat.

Tempat kerjaku dulu keras. Ada temanku yang dipecat. Ada pula yang mengundurkan diri karena tak tahan dengan ritme kerjanya.

Ya begitulah banyak yang masuk dan cepat pula yang keluar. Tekanan dan suasana pekerjaan menjadi biang keladinya.

Saat ini aku juga menjumpai hal yang sama. Kawan-kawanku banyak yang keluar dari pekerjaan sebagai pengembang aplikasi dan konsultan TI. Ada banyak faktor penyebabnya. Beberapa dari mereka kurindukan. Aku ingat masa-masa kami harus bekerja keras memenuhi tenggat waktu proyek.

Ketika melihat acara perpisahan salah satu kawanku itu aku tercenung. Apakah kawan-kawanku juga merindukanku ketika aku berpindah dari perusahaan A ke perusahaan B dan seterusnya.

Gambar:pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Maret 29, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: