Agar Tetap Percaya Diri Saat Berpuasa

Hari ini telah memasuki hari kesepuluh berpuasa Ramadan. Wah tentunya Kalian masih kuat dan semangat ya. Kali ini bahas sesuatu tentang rasa percaya diri yuk saat berpuasa.

Selain dari wajah yang mungkin kurang fresh karena kurang cukup tidur, biasanya faktor rasa kurang percaya diri saat berpuasa adalah kesegaran mulut. Ada rasa tidak nyaman apabila mulut terasa kering dan malu ketika berbicara dekat dengan kawan atau rekan kerja saat berpuasa.

Masalah ini banyak dialami oleh mereka yang berpuasa. Aku juga mengalaminya. Untuk menanggulanginya ya tidak sering-sering untuk ngobrol dekat bersama kawan atau rekan hahaha.

Ada beberapa tips yang kubaca untuk menghindarkan perasaan minder karena ini. Ada dari sisi menjaga kesehatan, menghindari makanan tertentu, dan melakukan sesuatu

Dari sisi kesehatan rupanya ada hubungan antara penyakit tertentu dan kesegaran nafas. Mereka yang sedang mengidap penyakit pilek, sinusitis, atau maag umumnya nafasnya jadi berbeda. Aku juga pernah mengalami maag yang agak lama beberapa waktu lalu dan aku merasa tubuhku berubah menjadi terasa kurang nyaman.

Yang kedua adalah dari sisi makanan. Saat sahur lebih baik menghindari makanan tertentu seperti petai, jengkol, dan makanan yang banyak mengandung bawang dan rempah-rempah. Makanan ini berpengaruh ke kesegaran nafas dan ke keringat tubuh. Lebih baik banyak minum air putih dan buah-buahan mengandung air seperti tomat dan stroberi. Minum jahe dan mengunyah adas juga dipercaya mengurangi bau tak sedap.

Selain menghindari makanan tertentu, cara yang bisa dilakukan untuk menguranginya adalah berkumur dengan air garam. Air lainnya yang bida digynakan berkumur adalah air mint dan air dengan tetesan minyak kayu putih. Aku pernah mencobanya untuk yang air garamĀ  dan rasanya lebih enak. Cara lain yang pernah kulakukan adalah menyikat bagian lidah. Ini memang tak enak tapi bisa membantu agar mulut lebih bersih.

Memang masalah nafas itu bisa mrmbuat rasa kurang percaya diri. Untuk itu perlu melakukan hal tertentu agar hal tersebut tak mengganggu saat berinteraksi.

Gambar pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 15, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: