Lima Aplikasi Ini Kugunakan Saat Ramadan

Aktivitasku saat berpuasa sama persis dengan hari-hari biasa. Yang membedakan adalah jam tidur dan jam makannya. Oleh karena sahur biasanya kumulai sekitar pukul 03.00 maka biasanya aku menggunakan bantuan aplikasi. Berikut lima aplikasi daring yang kugunakan selama bulan Ramadan.

Sekedar catatan sebenarnya ada banyak aplikasi yang kugunakan di smartphoneku. Aplikasi ojek daring seperti Grab dan Gojek kugunakan hampir setiap hari untuk membayar tagihan, membeli tiket nonton, atau untuk transportasi menuju kantor.

Aplikasi medsos seperti Twitter, Instagram dan aplikasi chatting seperti Whatsapp dan Telegram juga hampir selalu kugunakan. Aplikasi lainnya yang tak absen yaitu aplikasi e-mail berupa Yahoo dan Gmail serta Browser. Ada lagi yang termasuk sering kupakai yaitu Canva, Photo Resizer, Camera, Google Maps, Youtube dan aplikasi perpustakaan i-Jakarta. Wah ada banyak ya jika dihitung-hitung. Berikut lima aplikasi lainnya yang biasa kugunakan selama Ramadan.

Alarm
Alarm sangat membantuku untuk terjaga saat sahur. Biasanya alarm kusetel pukul 03.00. Tapi pernah aku lupa memasangnya dan baru terbangun pukul 05.00. Alhasil aku pun tak sahur.

Duolingo
Aplikasi ini membantu belajar bahasa Inggris. Hingga saat ini aku telah menggunakannya selama 354 hari alias hampir setahun. Aku ingin lebih trampil berbahasa Inggris sehingga menyediakan waktu 5-10, menit untuk berlatih bahasa.

Elevate
Ini aplikasi yang membantuku belajar matematika dan bahasa Inggris. Materinya semakin lama semakin susah. Aku rupanya lemah dalam banyak hal bahasa, seperti kosakata, frase, berbicara, dan banyak hal. Biasanya waktu yang kugunakan juga kurang dari 10 menit.

Recome
Recome merupakan aplikasi ulasan. Kita bisa mengulas apapun dari film, bioskop, tempat makan, hingga salon kecantikan. Setiap mengulas akan dapat poin. Poinnya bisa ditukar beragam voucher dan barang. Lumayan sih sambil belajar mengulas film ikut menambah poin. Kemarin aku sudah menukarkan kupon belanja dan pulsa dari poin yang kukumpulkan selama 59 hari.

Wunderlist
Ini aplikasi yang juga mengatur jadwal dan tugas. Ia akan memberitahu kapan tenggat waktu akan segera tiba dan apa saja tugas yang belum selesai kulakukan.

Aku membaginya menjadi beberapa hal. Ada tentang impian, pekerjaan selama seminggu, dan ide-ide tentang tulisan.

Itulah aplikasi yang rajin kugunakan setiap hari. Bagaimana denganmu?

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 25, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: