Berapa Lama Kamu Tahan Tidak Terkoneksi Internet?

Laptop, Workstation, Browsing, Tablet, Computer, Desk

Dalam sehari berapa lama waktu yang habiskan terkoneksi dengan internet? Wah agak sulit untuk menjawabnya, sepertinya berjam-jam karena gadgetku jarang terputus dengan internet, demikian pula dengan laptopku di kantor. Rasanya aku putus koneksi dengan internet ketika tidur, berangkat dan kembali dari kantor, dan ketika melakukan aktivitas bersih-bersih di rumah. Wah internet telah menjajah diriku.

Ketika membaca kutipan dari Gretchen Rubin, aku tercenung. Betapa sederhananya dunia dulu tanpa internet. Aku bebas melakukan apa saja tanpa takut ketinggalan informasi apapun.

Berikut kutipannya:

“Turn off your email; turn off your phone; disconnect from the Internet; figure out a way to set limits so you can concentrate when you need to, and disengage when you need to. Technology is a good servant but a bad master”. (Gretchen Rubin)

Internet memang kerap membuat seseorang terdistraksi.Awalnya hendak belajar eh malah asyik ubek-ubek situs humor seperti 9GAG. Ketika sebaiknya asyik membaca paper eh malah terpengaruh untuk membaca lainnya. Huuh godaannya ketika terpapar oleh internet itu berat. Kita yang harus kuat melawannya.

Detoks Internet
Duh rasanya agak susah untuk melakukan detoks internet. Ada yang istilahnya FOMO dari singkatan Fear of Missing Out. Maksudnya adalah ketakutan berlebihan karena takut ketinggalan informasi dan sebagainya. Takut tidak update dengan informasi terkini, kuatir ketinggalan hal-hal yang viral padahal sebenarnya juga tidak amat berpengaruh bagi kehidupan kita. FOMO berkaitan dengan bersosialisasi, kita takut tidak bisa masuk ke obrolan atau diskusi grup karena ketinggalan informasi yang sedang viral.

Aku memang terlalu terkoneksi internet. Sebaiknya aku mencoba untuk lebih fokus dalam melakukan sesuatu dengan mematikan internet setiap 30 menit sekali. Atau tidak menengoknya selama 30 menit hingga satu jam. Kemudian menengoknya selama 15 menit dan berulang-ulang sehingga aku bisa lama-kelamaan terbebas dari terpapar berlebihan internet (belum sampai kecanduan sih, untunglah). Malamnya aku akan membatasi menonton film maksimal 60 menit untuk film serial hingga dua jam untuk film berdurasi panjang.

Wah bisa tidak ya memulai puasa internet?

gambar: pixabay

~ oleh dewipuspasari pada Desember 17, 2019.

4 Tanggapan to “Berapa Lama Kamu Tahan Tidak Terkoneksi Internet?”

  1. Menarik hehe, dicoba kak Detox Internet nya πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  2. Bisa…selama ada niat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: