Permainan Menata dan Kesabaran

Kawanku tergelak melihatku bermain gim komputer. Kata ia pilihan permainanku kayak emak-emak dan bapak-bapak yang gabut di kantoran. Permainan solitaire hahaha.

Habisnya cuma permainan ini yang ada di laptop pinjaman kantor. Tidak perlu install gim lainnya. Eh jaman dulu di komputer biasanya ada gim pinball dan minesweeper sih. Tapi sekarang tidak ada. Solitaire pun sekarang dimiliki oleh Microsoft. Entah jaman dulu.

Omong-omong tentang Minesweeper jaman masih kecil aku tak paham cara kerjanya. Hanya nebak-nebak dan boom tewas deh. Baru ketika duduk di bangku kuliah dan kemudian mendapat tugas membuat pemrograman semacam gim ini maka baru tahu logikanya. Dan aku baru bisa main gim ini. Hehehe.

Dari 40 kotak hingga 100 kotak aku bisa menyelesaikannya tanpa takut kena bom. Memang ada unsur spekulasi sih tapi biasanya peluangku tetap aman cukup besar.

Ya aku ingat dulu aku tak bosan memainkan Minesweeper. Gim ini perlu trik. Ada hitungan probabilitasnya.

Dulu juga sempat ada di laptopku permainan Sudoku. Ini juga menyenangkan, bisa memainkan angka sehingga membentuk urutan dan jumlah yang pas. Lalu kemudian komputer suka hang, demikian pula ketika ku-install Scrabble. Seru sih. Aku juga suka permainan kanguru yang menebak kata atau menebak karakter dalam Star Wars.

Tapi permainan yang paling kusukai adalah Tetris. Dulu waktu SD aku doyan memainkannya. Sepulang sekali aku bermain gim Nintendo. Khusus bermain Tetris aku bisa memainkannya tiap hari tanpa bosan.

Permainan gimku memang membosankan. Aku suka permainan tebak-tebakkan dan yang ada unsur tata-menatanya. Rasanya menyenangkan menata dan membuatnya jadi berturutan. Rapi dan simetris.

Tetris juga bikin aku mudah terdisraksi. Untunglah tidak ada permainan ini di laptop pinjaman.

Hingga kemudian aku menemukan gim Solitaire di laptop. Hanya ada gim ini.

Awalnya aku hanya bermain Spider. Lalu aku mencoba bermain lainnya seperti FreeCell, Klondike, Pyramid, dan TriPeaks.

Dulu yang paling gampang menurutku TriPeaks karena hanya mencari angka yang nilainya lebih rendah dan lebih tinggi dari angka yang muncul. Permainan Spider dan Klondike juga mirip-mirip dengan Solitaire jaman dulu. Yang paling susah menurutku itu Pyramid. Tapi setelah aku paham triknya maka permainan ini jadi menyenangkan.

Sekarang aku suka ikut kompetisi onlinenya. Ada unsur strategi bermain, unsur kecepatan, dan juga keberuntungan.

Ya setidaknya aku belum bosan. Permainan ini juga tidak bikin laptop hang.

Gambar: pyramid solitaire

~ oleh dewipuspasari pada Juni 10, 2020.

2 Tanggapan to “Permainan Menata dan Kesabaran”

  1. Aku juga dulu suka main tetris, kalo anak sekarang kenalnya PS. Mba Dewi mau tanya dong, kok di blog aku ga ada tombol like padahal dah aku centang sebelum diterbitkan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: