“Pollution”, Film Pendek Eksperimental dari Slipknot

Video tersebut berdurasi 20 menitan dan diunggah empat bulan silam. Aku baru menyaksikannya. Kupikir ia menampilkan tembang terbaru Slipknot dari album “We Are Not Your Kind” yang dirilis tahun lalu. Tapi rupanya ya dan tidak. Ini sebuah video artistik dari Slipknot bertemakan polusi?

Ini sebuah proyek seni eksperimental. Memadukan musik dan gambar. Ada gambar-gambar yang menampilkan serangga dan suara yang dikeluarkannya, kemudian berpadu dengan musik synthesizer dan elektronik dari Slipknot. Serangga yang sedang mempertahankan hidup lalu adegan yang memertemukan tikus dan makhluk melata.

Lalu ada adegan marching band, suasana perkantoran, juga gambar-gambar yang abstrak. Ada adegan monster seperti manusia yang meliuk-liuk. Bagian yang berjudul “Matured Ovule” ini cukup lama. Ia nampak terselubung membran tebal, seperti plasenta, dan berniat lepas.

Pada bagian “Nero Forte”menampilkan lagu dari album “We Are Not Your Kind”. Mereka menampilkan seluruh personel band. Aku lalu baru ngeh karena judul ini kukenal dalam album “We Are Not Your Kind”?

Apa Itu Nero Forte?

Tembang “Nero Forte” ini cadas, tapi tak seperti musik-musik Slipknot pada album sebelumnya. Ada nuansa yang berbeda. Monster dalam adegan sebelumnya masih ada dan masih berupaya membebaskan dirinya.

Aku suka dengan topeng Mick yang tak banyak berubah. Ia nampak gahar. Topeng-topeng lainnya buruk, terutama topeng Corey. Topeng ia terburuk dari selama ini ia pernah kenakan.

Gebukan drumnya mantap. Memang agak berbeda dengan gebukan Joey. Tapi sama-sama bagus sih, susah untuk dibandingkan.
“Nero Forte” apa ya maknanya? Jadi ingat Nero kucingku. Bagian “Nero Forte” ditutup oleh gebukan perkusi dari tongkat bisbol.
Lagu “Nero Forte” menyiratkan kemarahan dan rasa frustasi mendalam kepada seseorang, kepada sesuatu? Lagu ini dari judulnya bisa bermakna hitam yang sangat kuat dari kata nero yang berarti hitam, dan forte yang kuat.

A home like yours is upside down
Too much animosity, nobody does it better than the enemy
A hope like yours won’t help me now
You can do your worst to me at the end of the day, that’s what you do best

Adegan marching band itu kembali hadir. Monster itu kembali menggeliat . Langit kemudian gelap waktunya “Allure of Indignation”. Monster itu berniat lepas. Ia rupanya perempuan. Dan jumlah monster itu rupanya banyak.Mereka membebaskan diri. Tapi plasenta itu terus berupaya membungkus mereka. Lagi dan lagi. Apakah maknanya saat ini wanita masih saja dikekang oleh dogma-dogma? “Death Because of The Death” dan film pendek ini ditutup dengan tulisan “The Beginning”.

Apa Makna “Pollution”

Video pendek ini disutradarai si badut, Shawn Crahan. Ia bercerita idenya adalah sesuatu yang menakutkan bisa datang dari lingkungan yang terasa nyaman. Polusi di mana-mana. Hemmm aku sendiri belum begitu menangkap makna dari “Pollution”. Polusi bisa jadi adalah pikiran buruk dan rasa kekuatiran yang sangat akan sesuatu?

Slipknot pollution

Gambar milik Slipknot

~ oleh dewipuspasari pada Juni 11, 2020.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: