Cara Menjadi Lebih Pintar

cara meningkatkan kecerdasan

Ketika beres-beres buku karena serangan rayap, aku jadi malah teralihkan dengan membaca buku. Dulu aku sempat berlangganan Reader Digest sekitar dua tahunan sebelum kemudian tak lagi terbit. Aku suka Reader Digest, mirip-mirip dengan Intisari hanya lebih ringan. Ketika membaca edisi Desember 2012 aku menemukan artikel menarik, cara menjadi pintar.

Dalam ulasan artikel tersebut ada beragam metode agar siapapun dalam usia berapapun bisa lebih pintar. Ya ada latihan untuk mengasah otak dan mengembangkan memori agar otak lebih berkembang.

IQ rupanya bisa berkembang setelah ia melewati usia dewasa. Ia bisa tetap dikembangkan hingga 21 poin. Tapi ia juga bisa menurun hingga 18 poin. Jadi mereka yang IQ-nya masuk kategori biasa misalkan di antara 100-120 maka dengan tambahan 21 poin ia bisa menjadi masuk ke kategori luar biasa.

Belajar Memori Jangka Pendek dan “Lebih Sadar Diri’

IQ ini memegang kecerdasan, dari kemampuan verbal, berhitung, logika juga analitik. Dulu disebutkan belajar menyulam atau belajar dengan mendengarkan musik akan meningkatkan kecerdasan. Tapi kemudian ada cara lainnya yaitu belajar memori jangka pendek dan belajar ‘lebih sadar’. Dengan belajar kedua hal tersebut ia dituntut untuk lebih menajamkan inderanya dan kesadaran dirinya.

Ada kan orang yang ada di kelas tapi pikirannya ke mana-mana. Nah cara terbaik menghafal nama seseorang, mengenal sesuatu yaitu memerhatikannya baik-baik dan kemudian memasukannya ke dalam memori. Bisa dengan menggunakan asosiasi, misalkan ketika kita bertemu dengan Nadia di sebuah acara reuni SMP. Agar kita ingat kita bisa menyebutnya Nadia SMP jika ia memang teman semasa SMP, atau Nadia Reuni SMP jika ia saudara atau istri dari teman SMP.

Membangun Istana Memori

Cara seperti itu bisa disebut cara membangun istana memori. Seperti yang dilatih oleh Sherlock Holmes. Ia membuat asosiasi untuk mempermudah mengingat. Dalam artikel ini kita disarankan untuk membaca buku berjudul “Moonwalking with Eistein: The Art and Science of Remembering Everything” karya Joshua Foer.

menulis dengan tangan

Menulis dengan tangan dan kafein akan membantu meningkatkan kecerdasan

Mencatat dengan Tulisan Tangan

Metode lainnya mempermudah mengingat yaitu menulis tangan. Menurut penelitian ketika kita menulis dengan tangan maka otak akan lebih bekerja daripada menulis dengan keyboard. Menulis dengan tangan juga memberikan latihan pada otot jemari.

Omong-omong tentang tulisan tangan ini aku beberapa kali diselamatkan saat ujian masa SMA. Ketika aku lupa akan teori atau hafalan, aku tinggal mengingat di mana aku menuliskan catatanku, halaman berapa dan di bagian mana. Ajaib tiba-tiba aku ingat kata-kata yang kutulis di sana. Mungkin nilaiku masa SMA bagus gara-gara sering mencatat.

Latihan Fisik

Latihan fisik seperti berjalan kaki atau aerobik selama 45 menit per hari selama tiga kali seminggu juga disebutkan bisa melatih kecerdasan. Ia memicu gray matter pada bagian hipokampus yang memproses pengetahuan baru.  Jika bosan berolah raga dengan cara-cara itu saja, Kalian bisa menggantinya dengan bermain badminton, squash, taekwondo, atau berlatih dansa dan hip hop. Bermain dengan teknologi seperti Nintendo Wii Fit juga bisa dilakukan.

menari

Menari dan melakukan kegiatan fisik juga akan membantu menstimulasi otak

Diam

Berikutnya yaitu diam dan membiarkan otak bekerja. Ini biasanya kupraktikan, ketika aku belajar dan mendapatkan banyak informasi. Aku sengaja diam dan membiarkan otakku bekerja secara diam-diam, mengolah informasi tersebut. Cara lainnya bisa dengan meditasi.

Mempelajari Bahasa

Belajar bahasa seperti bahasa Jawa atau bahasa Inggris juga mampu mencegah kepikunan. Di Jakarta kita sering kan bertemu dengan kawan atau kolega yang menggunakan bahasa campur-campur. Dan anehnya kita paham yang dibicarakannya. Padahal otak pada saat itu pasti melakukan zigzag untuk memahaminya.

Minum Kafein dan Menyantap Makanan Mengandung Anti Oksidan

Kafein berdasarkan studi Nature Neuroscience mampu mempertajam pikiran. Kafein ini umumnya ada di kopi, teh, dan juga minuman bersoda. Demikian halnya dengan makanan yang mengandung anti oksidan. Meski belum terbukti secara akurat makanan berbumbu kunyit dan jus delima disebut mampu meningkatkan memori.

Menahan Diri

Ketika seseorang memilih belajar sekian menit terlebih dulu daripada langsung menyantap pizza ketika kondisinya sedang tidak lapar maka mereka sebenarnya berlatih untuk bersabar, fokus, dan mengendalikan diri. Tapi bagaimana jika di depannya adalah es krim yang rawan mencair?

Belajar di TED dan Kursus Online

Pada saat pandemi ini ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan wawasan. Ada sejumlah webinar gratis, juga kursus online dan video TED yang menarik. Cobalah mengambil satu kursus untuk menambah wawasan Kalian. Kalian bisa mencoba webinar dua jaman sebelum berkomitmen mengikuti kursus online selama beberapa bulan.

membaca

Belajar bahasa, membaca dan kemudian menuliskan opini bisa meningkatkan kecerdasan

Menulis di Blog

Konon setiap orang adalah kritikus di dunia maya. Aku dan kalian bisa jadi salah satunya.  Ketika terjadi sebuah peristiwa cobalah buatlah tulisan untuk mengritisinya. Kemudian bacalah. Kalian akan paham jalan pikiran dan juga bisa jadi emosi Kalian pada saat itu.

Sebenarnya ada lagi aktivitas yang bisa meningkatkan kecerdasan yang pernah kubaca seperti belajar alat musik, menari berkelompok, mengunyah permen karet, mengunyah kacang-kacangan, dan juga mandi atau membersihkan alat makan minum. Tapi memang belum ada studi yang membuktikannya.

Gambar dari pixabay/myrfa,klimkin, engin_akyurt, dan 272447

 

 

 

 

~ oleh dewipuspasari pada Juni 15, 2020.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: