Dunia Kucing Itu Keras Bung!

hidup kucing itu keras bungΒ 

Bukan hanya mereka yang hidup di kota megapolitan seperti Jakarta yang merasakan hidup penuh perjuangan, kalangan kucing yang hidup di dunia manusia juga sama. Di balik wajah mereka yang lucu dan imut mereka menyimpan rasa was-was tentang nasib mereka. Pasalnya untuk tidur dan makan saja mereka harus bersaing. Hidup bagi para kucing itu juga keras.

Adalah si Nero kucingku yang merasakan pertarungan jalanan hampir tiap hari. ia memang kucingku yang setengah liar. Sejak dewasa ia susah sekali dikendalikan, maunya sendiri. Ia suka keluyuran dengan alasan patroli dan menjaga keamanan kucing.

Awalnya Nero memang alpha male. Ia kucing jantan senior di gang rumah. Ia juga dulu paling kuat dan berhasil mengalahkan preman gang, si Blekok.

Tapi itu dulu.
Nero tak lagi sekuat dulu.
Ia juga mulai merapuh.
Tapi ia belum mau pensiun

Kasihan si Nero dua hari lalu ia pulang dengan kondisi babak belur. Kulihat memang akhir-akhir ini ada tiga kucing baru di lingkungan rumah. Kucing jantan yang beringas. Entah apakah ada yang punya atau mereka kucing liar. Mereka nakal sekali dan memang nampak brutal. Aku menduga mereka pelakunya. Yang bisa melukai Nero yang sudah tua dengan parah.

Dekat mulut Nero berdarah. Bagian tungkai dan dekat pahanya juga penuh luka. Bahkan di dekat pahanya ada luka terbuka. Aku merasa trenyuh melihatnya. Kucoba obati sebisanya karena si Nero susah sekali dibawa ke dokter hewan. Dokter hewan dan asistennya takut dengan Nero, takut digigit dan dicakar.

Tapi Nero selalu ingin bermain ke luar. Ia tak bisa ditahan seharian di rumah. Sementara di dekat rumah sedang ada penggalian sumur resapan. Aku takut si Nero masuk lubang. Jika Nero lama tak kelihatan aku merasa cemas. Aku juga takut mereka melukai Nero. Banyak kucing yang sakit dan lalu meninggal dilukai manusia.

hidup kucing itu keras bung

Sementara itu bagi kucing betina, hidup di dunia manusia juga tak kalah keras. Banyak yang tak suka kucing betina karena bakal beranak. Mereka sering dibuang bersama anak-anaknya. Mereka pun hidup di jalanan, mencoba bertahan dengan menyantap apa saja.Ada kalanya mereka harus menggarong makanan, mencuri makanan di dapur manusia.

Di balik wajah mereka yang imut dan sosoknya yang menggemaskan, mereka hidup penuh dengan perjuangan. Bisa hidup hari ini dengan makan cukup adalah anugerah bagi kucing. Apalagi jika mendapat kasih sayang dari manusia.

~ oleh dewipuspasari pada Juni 17, 2020.

6 Tanggapan to “Dunia Kucing Itu Keras Bung!”

  1. Bener banget mbak 😭😭😭 aku selalu sedih setiap kali melihat kucing liar, apalagi yang kurus, dekik, dan nggak sehat. Rasanya ingin kutolong semua, tetapi kemampuanku juga terbatas. Jadi, cuma bisa mendoakan semoga mereka baik-baik saja dan berusaha berlaku baik untuk kucing-kucing yg berada di sekitarku.

  2. Moga si Nero baek2 aja ya, namanya emang cocok buat petarung tuh. Kayak kepala preman πŸ˜†

  3. Membaca ini aku jadi terdorong untuk bikin pos ttg kucing2 liar (buangan) yang aku rawat. Kasian banget kak.. πŸ˜” rumah nenekku dulu kedatangan kucing kecil, perutnya dikaretin cobaaa.. 😒😒😒 terus ada juga 1 kucing yg suka berantem sampe babak belur, dia temennya kucingku karena sering ke rumah gitu. eh tau2 diracunin sama orang πŸ˜” entahlah manusia ini maunya apa, pdhl menurutku kalo kucing nyuri pasti ga seberapa juga..

    • Duhhh kasihan banget perut dikaretin. Dulu ada anak-anak naruh anak kucing di atas pohon terus dipukul gitu, entah beneran atau nakut-nakuti. Aku langsung marahi anak-anak itu padahal ada ibu-ibunya. Biarin. Kejam ya kucing sampai diracun, mending kalau nakal dan malas ada di situ menurutku masih lebih baik dibuang di pasar. Anak kucingku pernah dibuang tetangga nggak bilang-bilang. Aku sampai sekarang masih jengkel kalau ingat.

      • iya kak.. kata nenekku pas kucing itu dibuang kemungkinan dikasih uang dan uangnya dikaretin di perutnya sm yg melihara. maksudnya uang itu buat orang nemu dan yg mau ngrawat kucing itu.. aduuuh ga masuk akal bgt sih ini, tapi budaya yg berkembang di sini begitu.. kasian bgt itu dikasih pohon, kyk mainan aja.. kucing kan punya nyawa.. 😡 kucingku alhamd. ga pernah kubuang, cuma 2 tahunan lalu ada kucing jantan aku bagus bgt juga diracun orang πŸ˜”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: