Ahli

mahir

Ia dikenal ahli dalam soal listrik. Ia benar-benar paham menangani masalah listrik yang jamak dihadapi di rumah-rumah, seperti ada kabel yang putus, lampu yang tak kunjung menyala dan sebagainya. Padahal ia tak punya latar belakang sama sekali tentang listrik. Ia ‘hanya’ lulusan SD. Tapi kami menjulukinya pakar listrik.
Menjadi ahli tak harus memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Ada seorang pengemudi yang tertarik utak-atik kode. Tak lama ia pun menguasainya dan kemudian ia pun mahir. Ia sendiri tak tahu bagaimana ia melakukannya. Berkat kemampuannya kemudian ia diangkat menjadi karyawan tetap dan duduk di belakang meja, membantu mengatasi bug dan membuat modul-modul aplikasi untuk membantu pekerjaan.

Ada juga kawan yang memiliki latar belakang sarjana elektro dari kampus bonafit. Lalu ia menemukan hasratnya di bidang masak-memasak. Ia kemudian kursus beberapa bulan tentang kue dan pastry, eh rupanya ia memang berbakat. Ia pun dengan cepat menguasai cara membuat beragam kue dan masakan.

Nah, bagi kalian yang belum memiliki waktu, dana, dan energi untuk melanjutkan pendidikan janganlah rendah diri. Asah kemampuan kalian dan turuti minat kalian, siapa tahu kalian unggul di bidang tersebut. Misalnya kalian tak dapat melanjutkan ke bangku kuliah eh ternyata kalian sangat berbakat dalam koding atau membuat desain. Asahlah kemampuan kalian hingga jadi seorang yang mahir.

Aku lupa darimana membacanya, untuk menjadi mahir dan ahli itu perlu jam terbang dan pengalaman. Oh iya quote dari Malcolm Gladwell dalam bukunya yang berjudul”Outlier”. Ia menyebutkan untuk jadi ahli itu perlu 10000 jam. Apabila kalian perlu 4 jam setiap harinya untuk mengasahnya maka perlu sekitar 7 tahun untuk menjadi mahir. Namun, jika hanya punya waktu 1 jam sehari untuk menajamkan kemampuan maka masih perlu 27,4 tahun untuk mewujudkannya.

Pilih bidang yang ingin kalian kuasai hingga mahir. Bisa memasak, berkebun, pertukangan, soal listrik, koding, menulis, menggambar, dan sebagainya. Maka ketika orang-orang perlu bantuan, mereka akan memilih kalian sebagai orang yang diandalkan.

Gambar dari directly

~ oleh dewipuspasari pada Maret 13, 2021.

2 Tanggapan to “Ahli”

  1. Wah, 10000 jam. Nice info!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: