Animasi Kyrgyzstan dan Animasi Asia Tengah Lainnya

Animasi Asia Tengah

Kemarin kita bahas animasi Kazakhstan. Nah bagaimana dengan negara tetangganya yang masuk Asia Tengah, apakah mereka juga memiliki karya animasi?

Asia Tengah merupakan daerah yang berbatasan dengan Eropa (Rusia) dan China. Oleh karenanya mereka memiliki kultur yang unik. Selain itu topologi daerah mereka juga menawan, dengan memiliki gurun dan lembah-lembah.

Umumnya kultur menjadi ciri khas dari sebuah animasi negara tertentu. Bagaimana dengan Kyrgyzstan, Uzbekistan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Azerbaijan?

Yuk kita bahas satu-persatu

Animasi Kyrgyzstan
Negara Kyrgyzstan memiliki studio animasi, di antaranya Kyrgyzfilm yang didirikan tahun 2017.

Mereka juga memiliki riwayat film animasi sejak tahun 1970-an. Film animasi pertama mereka berjudul “The Figures Argue” (1978). Film ini dibesut oleh Sagyn Ishenov. Lalu mereka vakum pada tahun 90-an.

Lalu pada tahun 2014 mereka merilis film animasi panjang pertama mereka berjudul “Aku”. Film ini menggambarkan kisah percintaan antara Aku dan Maksat. Keduanya tinggal di desa kecil. Lalu suatu ketika Aku ingin sekali ke Paris dan keduanya pun berpisah.

Animasi asia tengah
Keindahan alam Kyrgystan dengan danau pegunungan tergambar dalam animasi ini. Film ini animasi digambar dan dibesut oleh Tolgobek Koichumanov.

Animasi Uzbekistan
Negara ini terkenal dengan atlet voli perempuannya. Mereka bukan hanya negaranya para perempuan cantik, namun juga memiliki karya animasi.

Karya animasi mereka yang diapresiasi memiliki nuansa surealis dengan permainan tradisional seperti petak umpet. Judulnya adalah “I Go Seek” karya Vlad Fesenko.

Lalu ada animasi pendek berjudul “The House On Wheels” yang disutradarai oleh Azizbek Mukhamedov. Film ini meraih best animation film di ÁMEN International Animation Film Festival.

Karyanya yang lain berjudul “Volshebnyi tanbur” (A Magic Tanbur) juga meraih penghargaan untuk kategori best production designer.

Animasi Tajikistan
Ada animasi di Youtube berjudul ajimation Tajikistan buatan Zevarshah Mohammad. Film animasi pendek berdurasi tiga menitan ini bercerita tentang pentingnya menikah secara resmi dengan akta nikah dan juga mengurus akta kelahiran anak-anak.


Lalu juga ada animasi pendek yang menggambarkan kasus nyata tentang pemerkosaan dan pembunuhan anak perempuan berusia lima tahun. Kasus ini membuat Lolisanam Ulugova terinspirasi membuat karya animasi agar masyarakat dan pemerintah paham agar kejadian kejam seperti itu tidak berulang.

Animasi Turkmenistan
Untuk Turkmenistan saya belum menemukan referensi sama sekali tentang karya animasi dari negara ini.

Animasi Afghanistan
Negara ini juga memiliki karya animasi. Ada animasi yang bercerita tentang anak-anak yang bernyanyi. Lalu ada animasi tentang keledai bernama “Buz and Chini” yang menggunakan komputer 3D.

Memang tak semua negara memiliki karya animasi tapi mungkin bisa jadi karena belum terpublikasi. Di sini saya tak mendapat referensi tentang animasi di Turkmenistan. Ada yang punya?

Gambar dari IMDb dan Astana Times

~ oleh dewipuspasari pada November 13, 2021.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: