“Hair of The Dog” dan “Love Hurts”-nya Nazareth

Nazareth

Apabila kalian kerap mendengar tembang rock balada, pasti tak asing dengan tembang “Love Hurts” yang dipopulerkan oleh band Skotlandia bernama Nazareth. Lagu ini dulu termasuk yang sering kuperdengarkan waktu masih kecil. Ketika mendengarnya lagi, aku jadi merasa bernostalgia.

Lagu “Love Hurts” berirama mellow. Liriknya sederhana dan lugas tentang cinta yang bisa membuat hati terluka.

Lagu ini dirilis tahun 1974. Ia masuk dalam album “Super Group Festival. Iramanya dan gaya bernyanyi vokalisnya, Dan McCafferty membuat lagu ini berkesan.

Namun rupanya lagu ala Nazareth itu lagu cover. Tembang “Love Hurts” orisinal dirilis tahun 1960 oleh Everly Brothers. Lagu ini ditulis oleh Boudleaux Bryant.

Love hurts, love scars
Love wounds and marks
Any heart
Not tough or strong enough
To take a lot of pain, take a lot of pain

 

Sebenarnya aku tak tahu banyak tembang band ini kecuali ia band yang tua, era 70an, dan rupanya masih eksis. Personel aslinya sudah gaek, usia 70-an. Vokalis utamanya sudah pensiun untuk ikut tur dan digantikan vokalis anyar. Rupanya usianya sudah 75 tahun.

Aku sebenarnya tak tahu banyak tentang Nazareth. Belakangan ini di lini masaku suka muncul lagu-lagu klasik, termasuk rock balada. Lalu muncul band Nazareth.

Nazareth
Yang mengejutkanku tentang Nazareth adalah lagu berjudul “Hair of The Dog” yang dirilis tahun 1975. Selama ini aku hanya tahu lagu ini masuk dalam album Guns N’ Roses dalam album bersampul spaghett, “The Spaghetti Incident?”.

Ya aku ingat benar album dan lagu tersebut karena dulu kakak pernah pinjam ke sepupu. Aku sering memutarnya dulu. Dan lagu “Hair of The Dog” termasuk lagu favoritku meski yaaa liriknya agak gimana gitu.

Ceritanya tentang seorang wanita yang pandai mencari pasangan. Ia bisa menggaet siapapun yang ia mau. Hingga suatu ketika ia apesnya berhadapan dengan pria yang sama dengannya. Sama-sama pematah hati banyak orang.

Lagu ini berkesan karena riff gitarnya yang menarik. Selain itu tempo lagunya semakin cepat dan nadanya semakin tinggi.

Ketika kemudian aku menemukan versi asli lagu ini aku merasa takjub. Versi live dan versi rekamannya sama-sama apik. Si vokalis nampak luwes menaklukkan nada-nada tinggi dan tempo yang cepat.

Wah aku masih kagum sama seperti dulu ketika baru mendengar lagu ini.

Gambar dari discogs dan IMDb

~ oleh dewipuspasari pada Januari 5, 2022.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: