Carica Oleh-oleh Dieng Makin Beken

Carica

Ada yang tahu carica itu apa? Ya, Anda benar. Carica itu adalah buah sejenis pepaya kecil yang banyak tumbuh di dataran tinggi Dieng. Carica ini diolah menjadi manisan dan sekarang oleh-oleh carica menjadi beken.

Saat ke Dieng akhir tahun 2008 saya melihat buah ini banyak tumbuh. Buah yang telah diubah jadi manisan ada banyak dijajakan. Saat itu wadahnya menggunakan botol kaca seukuran botol selai. Harganya agak mahal masa itu.

Karena penasaran saya membelinya. Eh rasanya enak, manis sedikit asam dan segar. Agak-agak mirip dengan manisan pepaya tapi lebih ringan. Mungkin karena termasuk jenis pepaya sehingga rasanya mirip.

Carica mirip pepaya

Sekarang manisan carica sudah makin mudah dijumpai. Tidak harus ke Dieng. Di toko oleh-oleh Purwokerto atau di Semarang juga tersedia. Dan kemasannya lebih bagus dan lebih mudah dibawa karena menggunakan cup plastik.

Harga satu kemasannya berkisar Rp 45 ribu isi enam jadi Rp 9 ribu per buahnya. Wah makin mahal juga ya dulu ukuran lebih besar juga Rp 9 ribu tapi tidak apa-apa karena sekarang semua serba harga juga naik dan carica merupakan produk lokal yang harus dihargai.

Buah carica disebut juga pepaya pegunungan. Buah dengan nama latin Carica pubescens ini asalnya dari pegunungan Andes. Buah ini masam jika disantap langsung dan konon bisa membuat bibir gatal sehingga banyak dibuat manisan. Buah ini mirip pepaya dan kalau lihat ukurannya seperti buah cacao. Tapi jika dibelah maka isinya seperti markisa. Buah ini termasuk langka, di Indonesia hanya ada di Dieng dan Ranupane.

Nah jika berkunjung ke Jawa Tengah jangan lupa beli carica ya:)

Parcel carica

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 8, 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: