Musik Indonesia Masa Kini

Musik

Adakah definisi untuk musik Indonesia masa kini? Jika tahun 90-an eranya musik pop alternatif. Selanjutnya lebih progresif pada tahun 2000-an maka setelah tahun 2010 hingga sekarang musik Indonesia seolah mengalir tanpa identitas yang jelas. Apakah itu kemajuan atau kemunduran?

Bagi saya musik tahun 90-an adalah musik paling mengena dan berkesan. Pada era ini ada banyak lagu Indonesia yang asyik disimak hingga masa sekarang. Para musisi dan band yang kondang pada tahun 90-an seperti AB Three, Dewa 19,Gigi,Kla Project, Iwa K, Java Jive, Kahitna, Potret, /Rif, Padi, Boomerang, Pas Band, Base Jam, dan kemudian menutup akhir 90-an adalah Sheila on 7.

Pada era 1990-2000 warna musik beragam dari pop, rock, nuansa alternatif, ska, rap, unsur jazz, dan folk. Lagu-lagunya masih banyak menggunakan pilihan kata yang puitis dan tidak murahan.

Selanjutnya pada era 2000-2010, pengaruh mancanegara menguat. Dari sisi rock ada pengaruh musik hipmetal seperti band Saint Loco. Musik pop rock semakin eksis seperti Cokelat, Jamrud, Radja, Peter Pan, Ada Band, Andra and The Backbone, Jikustik, Naff, Naif, Nidji, Netral, La Luna, Mocca, dan Dr PM. Musiknya semakin rancak dengan lirik yang lebih lugas.

Sayangnya pada era 2010 ke atas nama-nama band di atas mulai meredup. Yang masih eksis tinggal Gigi dan Peter Pan yang berubah nama jadi Noah. Musik era saat ini setelah era pop melayu dilanda oleh dangdut koplo dengan judul lagu yang norak. Lagu-lagu ala girlband dan boyband juga malah menghancurkan musik Indonesia dengan lipsync dan gaya alaynya.

Untunglah musik Indonesia masih terselamatkan oleh kehadiran penyanyi solo seperti Afghan, Rosa dan Judika yang makin eksis, dan pendatang baru seperti Isyana Sarasvati dan Virzha.

Masih berharap musik Indonesia kembali bangkit dan semakin indah seperti dulu pada era keemasan tahun 90-an dan 2000-an. Bukan musik dengan lirik sembarangan dan murahan dengan judul yang vulgar, namun musik berkelas yang nyaman di telinga dan sanubari.

Gambar dari sini

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 17, 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: