Mengapa ke India?

taj mahal

Ke India? Pasangan merasa heran ketika saya menyampaikan kepadanya akan menuju India beberapa waktu lalu. Ia heran saya tidak memilih negara lain untuk konferensi TI. Mengapa India?

Perkembangan teknologi informasi di India sangat pesat. Kawan saya pernah menambah pengetahuannya tentang TI di Pune. Dan kali ini saya mendapat kesempatan hadir di Bangalore atau Bengalur.

Mengapa India? Sebenarnya bukan saya yang memilih akan tetapi rekan senior saya. Ia sakit parah saat itu sehingga saya yang didelegasikan untuk menggantikannya.

Saya sendiri merasa antusias ingin mengetahui seperti apa negara Sidharta Gautama dan Mahatma Gandhi ini. Lalu mulailah saya mengumpulkan informasi seperti apakah India bagian selatan ini dan bagaimana pengurusan visanya.

Formulir visa bisa diunduh dari website. Saya memilih visa turis karena visa konferensi lebih sulit pengurusannya. Lalu saya menyiapkan rekening koran, tiket booking pesawat dan hotel, juga rencana perjalanan. Untunglah prosesnya tidak berlarut-larut.

Saya berangkat bersama pasangan. India kurang aman bagi turis wanita oleh karena banyaknya berita pemerkosaan. Saya bergidik…cara aman berangkat dengan pasangan dan mulailah saya mencari tiket penerbangan yang murah meriah.

Kami memilih Air Asia dari Malaysia menuju Bangalore. Dan kami mendapat tiket terjangkau ke Malaysia Total pesawat untuk berangkat berkisar Rp 1,2 juta/orang. Sayangnya waktu kembalinya cukup mahal dan saya memilih pulang dari New Delhi sehingga perjalanan pulang pergi per orang sekitar Rp 4 juta.

Setelah tiket kami berburu penginapan. Kami juga mencari informasi tentang India melalui rekan-rekan di couchsurfing. Beberapa di antaranya sangat membantu, tapi sebagian di antaranya malah flirting sehingga langsung saya tolak. Untung bawa pasangan fuih.

Akhirnya perjalanan kami menempuh rute Bangalore-New Delhi-Manali-Agra-New Delhi sekitar dua minggu.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Januari 4, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: