Menunggu Gebrakan Baru Cokelat

Album cokelat

Band bernama Cokelat pernah menjadi band pop rock papan atas tanah air. Lagu-lagunya banyak menjadi hits termasuk album lagu kebangsaan yang memberikan warna baru. Seperti apakah Cokelat dahulu dan masa kini?

Kenal kali pertama Cokelat pada album keroyokan Indie Ten pertama bareng Padi dan Wong. Album kaset ini dulu hadiah dari kawan saya saat duduk di bangku SMA. Lagunya Cokelat perdana adalah lagu seperti lagu tidur anak-anak Huuhuh sudah ngantuk, kuingin tidur sudah malam. Yup judulnya Bunga Tidur.

Lagu ini aransemennya asyik berpadu suara Kikan Namara merdu dan jernih. Falseto dan nada tinggi pada bagian akhir lagu sangat menarik disimak.

Cokelat kemudian semakin melambung dengan tembang-tembangnya seperti Pergi, Temani Aku, Karma, Luka Lama, Jauh, Dia, Segitiga dan Bendera yang diciptakan oleh Eross Sheila on 7.

Formasi awal Cokelat adalah Kikan Namara, Ronny, Roberto Pieter, Bernard, dan Deden. Mereka meresmikan Cokelat pada 25 Juni 1996. Bernard dan Roberto kemudian digantikan Edwin Marshal dan Ernest Fardiyan. Ervin kemudian menggantikan Deden.

Album Cokelat bertajuk Rasa Baru merupakan album tersukses dimana sebagian tembang-tembangnya masuk daftar lagu terpopuler tahun 2002. Video klip dan lagu Karma, Jauh, Luka Lama bolak balik tampil di MTV dan radio tanah air.

Karma berkisah tentang sakit hati karena pasangan yang tak setia. Lagu ini setipe dengan Pergi. Sedangkan Luka Lama menceritakan duka karena kepergian kekasihnya masa silam.

Luka Lama lagu paling saya favoritkan. Dari intronya saja sudah keren. Video klipnya yang dibintangi Vino G Bastian juga enak ditonton. Vino di sini meski dengan balutan kasual nampak cool.

Musiknya asyik dan Kikan nampak sangat menghayati lagu ini. Dinamika dan nuansa lagunya juga digarap dengan apik sehingga dengan mendengar saja kita bisa membayangkan isi dari lagu ini. Dulu saya sampai terhanyut dengan lagu ini hihihi.

Ku rentangkan hati
Ku balut luka lama saat kau pergi
Ku tegarkan diri
Walau bayangmu hadir di setiap mimpi

Oh haruskah kubenamkan diri meratapi
Tenggelam sesali yang terjadi
Tersiksa bersama hampa … asa

Kini … ku hanya ingin lupakan semua
Mengenangmu menyesakkan … jiwa
Kan ku hapus air mata
Hingga ku dapat sembuhkan luka..

Album Untukmu Indonesia adalah album berisikan lagu-lagu kebangsaan. Sangat menarik. Jarang ada band yang memiliki ide seperti ini. Ada 10 tembang seperti Satu Nusa Satu Bangsa, Tanah Air, Hari Merdeka dan Syukur. Ada juga lagu ciptaan Cokelat seperti Ikrar Kami dan Cinta Damai. Album ini cocok dikoleksi dan diperdengarkan ke anak-anak untuk mengenalkan lagu-lagu yang memupuk rasa nasionalisme.

Vokalis baru bernama Sarah Hadju, sedangkan Kikan bersolo karier. Lagu Kikan yang populer adalah Serasa yang merupakan remake lagu dari band Jelly. Lumayan sih lagunya khas Kikan banget meski saya suka versi awal lagu tersebut. Hehehe vokalis Jelly masa itu masih gondrong dan cakep.

Setelah Sarah, vokalis Cokelat berganti ke Jackline Rossy. Hingga saat ini sudah ada 8 album dan 3 single yang dirilis. Tiga single tersebut dirilis pasca Kikan memutuskan bersolo karier. Lagu Hidup ini Cinta yang dibawakan Jackline asyik didengar meski belum istimewa. Musik dan liriknya lebih riang dan ini cocok untuk menghapus kesan Kikan yang sangat kuat dan kesan suram pada Cokelat.

Masih optimis Cokelat bisa eksis dan memberi warna baru bagi dunia musik tanah air.

Gambar dari sini

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 6, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: