Social Media is The New Content Marketing

kelas blogger-video 1

Hari Minggu bisa lho dimanfaatkan sebagai waktu untuk belajar. Belajarnya tidak harus super serius, tapi santai asal mengena. Saya beruntung Minggu silam (20/3) bisa mendapatkan wawasan yang menarik tentang fenomena video di media sosial dari pakar pembuat TVC Seno Pramuadji.

Saat ini video komersial masih diminati dan medianya semakin berkembang. Tidak hanya ditayangkan melalui televisi, tapi juga bisa memanfaatkan layar di pusat perbelanjaan atau di layar di stasiun kereta api. Terobosan dalam kurun waktu lima tahun terakhir adalah memasang video komersial di media sosial, seperti youtube, facebook, dan instagram.

Ya media sosial memegang peranan penting dalam kehidupan saat ini. Hampir setiap lini kegiatan masyarakat urban terhubung dengan media sosial. Kontennya pun makin beragam. Bukan hanya sekedar tulisan dan gambar melainkan juga video.

Di dunia saat ini lebih banyak warganya yang tinggal di perkotaan dibandingkan di pedesaan. Termasuk halnya dengan di Indonesia.

Di Indonesia saat ini dengan jumlah populasi lebih dari 255 juta, tingkat urbanisasinya juga meningkat sekitar 51 persen. Kebiasaan terakses internet menjadi kebiasaan baru masyarakat urban dengan pengguna berkisar 72,7 juta alias penetrasi 28 persen. Menariknya berdasar riset dari We Are Social SG pada bulan Maret 2015, jumlah akun media sosialnya melebihi dari angka tersebut, yakni 74 juta. Dimana hal ini menunjukkan satu orang bisa memiliki lebih dari satu akun media sosial.

digital di indonesia

Dari angka 74 juta tersebut, 64 juta di antaranya aktif di media sosial dengan menggunakan perangkat mobile. Sehingga hal ini menunjukkan keseharian masyarakat semakin lekat dengan media sosial.

Golongan usia memiliki keterkaitan dengan penggunaan media sosial. Mereka yang berusia antara 21-34 tahun atau yang disebut generasi millenial ini sangat akrab dengan media sosial. Kecenderungan ini mirip dengan generasi Z (di bawah 20 tahun). Kedua kelompok usia ini sudah terpapar oleh kebiasaan menggunakan media sosial dengan lebih banyak menggunakan smartphone daripada komputer dekstop. Jumlah waktu yang dihabiskan untuk bermedia sosial saat ini berdasar AGB Nielsen Media Research rata-rata sudah lebih dari 50 menit/hari.

generasi usia

Para millenial dan generation Z ini umumnya sangat menggandrungi konten berupa video. Menurut Com Score Media Metrix 46 persen pengguna yang berusia 15-24 tahun menyukai pencarian berbasis video.

Untuk konten video ada dua raksasa media sosial yang bertarung, yaitu facebook dan youtube. Berdasarkan Socialbakers, untuk saat ini pengguna media sosial lebih suka menonton video dengan menggunakan facebook dibandingkan youtube.

petarung

Instagram juga merambah ke konten video. Durasinya tergolong singkat hanya 17 detik. Yang menarik meskipun pertumbuhan videonya belum semelejit di youtube atau facebook, pertumbuhan pengguna instagram sangat pesat dengan kenaikan dua kali lipat pertahunnya. Di indonesia 89% pengguna instagram adalah golongan usia 18-34 tahun dan 89% di antaranya adalah wanita. Ditengarai konten video di instagram akan semakin tumbuh subur.

Karena semakin banyak dari pengguna internet menonton video maka kemasan TVC juga harus menarik perhatian, terutama segmen kalangan muda. Banyak public figure dijadikan penarik perhatian. Videonya pun dikemas ala anak muda.

Untuk pembuatan sebuah TVC bisa memakan waktu hingga satu bulan.Padahal durasinya tergolong singkat agar penonton tidak bosan. Proses pembuatan TVC dimulai dari rapat tentang ide konten, pembuatan story line, pencarian lokasi, dan mencari talent yang sesuai.

Saat ini video juga banyak dibuat oleh para vlogger. Banyak konten video yang dibuat vlogger yang menarik perhatian netizen dan kemudian bisa di-monetize atau menghasilkan uang.

Nah bagi kalian yang tertarik menjadi vlogger, berikut artikel tentang tips dan trik membuat video singkat yang menarik dari vlogger berbakat Dede dan Icha. Artikelnya saya tayangkan di kompasiana, linknya di sini.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Maret 26, 2016.

4 Tanggapan to “Social Media is The New Content Marketing”

  1. Nice share Puspa. Ini mulai belajar2 bikin VLogger 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: