Kisah Kesatuan Wanita Pertama di Rusia

Batalon

Duh gara-gara dekat dengan penyuka film perang saya jadi sering mantengin film bertema peperangan. Kali ini saya ingin mengupas film perang berjudul Battalion/Batalon. Sebuah film perang yang tragis, hemmm perang memang sadis, mengapa masih banyak negara yang suka berperang ya?

Kesatuan khusus wanita yang bernama The Battalion of Death ini didirikan karena prajurit Rusia mengalami kemunduran mental setelah terjadi revolusi besar atau penggulingan Tsar. Negara tersebut juga terlibat perang dunia pertama setelah Jerman memasuki negara mereka. Banyak prajurit yang tewas mempertahankan tanah mereka dari serbuan Jerman.

Untuk itu pada Mei 1917 dibentuklah kesatuan wanita. Banyak wanita muda yang tertarik dan antri mendaftar. Akan tetapi ketika tahu bahwa rambut mereka digunduli, sebagian pun memilih pulang.

Para wanita muda tersebut kemudian berlatih fisik. Dari lari, berlatih halang rintang juga berlatih menembak.
Maria Bochkareva menjadi komandan pasukan wanita tersebut yang tegas tapi juga penuh perhatian.

Berlatih fisik

Mereka mulai berurusan dengan nyawa ketika dua orang mata-mata memasuki wilayah mereka. Satu orang tewas dan satunya melarikan diri dan membunuh satu kawan mereka. Setelah itu markas mereka pun diserbu. Banyak prajurit wanita yang berguguran.

Ketika meminta bantuan ke kesatuan militer lainnya mereka ditertawakan dan tak digubris. Mereka menyuruh para perempuan itu untuk pulang dan berumah tangga. Ketika para prajurit berhasil merebut markas garis depan pun tak dibantu. Pertempuran habis-habisan pun terjadi ketika prajurit Jerman menyerang dari dua arah dan kesatuan wanita itu tak bisa melarikan diri. Mereka memutuskan bertempur hingga mati.

Ceritanya sedih dan mengharukan. Awal-awalnya sedikit kocak ketika melihat wanita muda yang jelita bersusah hati melihat rambut mereka dipangkas. Saat mereka berlatih berbaris dan melalui halang rintang juga membuat saya teringat pengalaman waktu di sekolah polisi Lido.

Awalnya cantik

Awalnya cantik

img_20160915_165717

Bagian mulai menjadi menyedihkan ketika satu prajurit tewas oleh seorang mata-mata. Lalu ketika pertempuran pertama merebut garis depan dimana nyawa seolah tak berharga saking banyaknya jatuh korban. Ada dua prajurit, antara prajurit pria yang ditugaskan melatih kesatuan, dan prajurit wanita yang jatuh cinta lalu tewas hampir bersamaan. Tapi bagian paling tragis ketika melihat mereka sudah tak memiliki harapan karena musuh mendekat dan menyerang dari dua penjuru.

Cerita ini berdasarkan kisah nyata. Masih ada beberapa prajurit wanita tersebut yang hidup. Film besutan
sutradara Dmitriy Meskhiev yang dirilis tahun 2015 ini mendulang banyak penghargaan. Salah satu penghargaan tersebut diraih di ajang Asia Pasific International Filmmaker Festival & Award 2015.

Film ini memiliki alur cerita dan akting para pemain yang apik. Saya memberi skor 8/10 untuk keseluruhan film.

Gambar dari imdb

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 15, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: