Antara Film Festival dan Film Komersial

Ffi

Ketika melihat daftar judul-judul film yang masuk nominasi sebuah ajang bergengsi, sebagian kalangan awam berkerut karena sebagian di antara film-film tersebut gaungnya tidak terdengar alias kurang populer. Sedangkan film-film yang super laris malah jarang yang berhasil masuk nominasi. Apakah benar film yang masuk nominasi ajang penghargaan itu jenis film yang rumit dan sulit dinikmati? Dan sebaliknya, film yang sukses secara komersial bakal sulit raih penghargaan?

Dari kedua ajang penghargaan nasional yang pemenangnya baru diumumkan, Festival Film Bandung (FFB) dan Festival Film Indonesia (FFI), deretan film yang masuk ajang penghargaan tersebut sebagian di antaranya sukses secara komersial. Namun, sayangnya deretan film laris tersebut meraih penghargaannya bukan di bidang akting dan film terbaik, melainkan di kategori lainnya seperti penata busana, penata musik, editing dan sebagainya.

Film-film yang masuk nominasi penghargaan tahun ini di antaranya Surat dari Praha, Athirah, Salawaku, My Stupid Boss, Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara, Ada Apa dengan Cinta 2, Nay, My Stupid Boss, Warkop DKI: Jangkrik Boss, Ngenes, Headshot, dan Rudy Habibie. Dari judul tersebut di atas hanya My Stupid Boss dan Rudy Habibie yang laris manis dan berhasil mendapatkan penghargaan utama lewat pemeran utama pria terpuji dan aktor terbaik di FFB dan FFI. Chelsea Islan juga meraih pemeran utama perempuan terpuji di Rudy Habibie. Sedangkan AADC 2 yang mengundang euforia hanya berhasil menang di kategori penata musik terbaik dan lagu tema film terbaik di FFI, serta penata musik terpuji di FFB.

Menilik dari daftar pemenang penghargaan FFI dan FFB memang tidak ada jaminan film komersial bakal sukses memborong banyak penghargaan, demikian pula sebaliknya. Film Athirah yang indah dari segi artistik, penyutradaraan dan akting tidak begitu diminati penonton. Demikian pula film Siti dan a Copy of My Mind yang sukses meraih penghargaan tahun sebelumnya. Sehingga seolah ada batasan antara film festival dan film komersial.

poster-film-salawaku

Dari daftar Oscar sendiri film seperti The Revenant, Room, Spotlight, dan The Big Short juga tidak banyak diminati penonton termasuk penonton di Indonesia. Banyak yang lebih mengunggulkan film populer seperti Mad Max sebagai film terbaik.

Oscar 2016

Film pemenang Oscar sebelumnya seperti Whiplash, Birdman, The Imitation Game dan The Theory of Everything juga kurang populer. Sebagian di antaranya juga terkesan film rumit, bukan film yang bisa dinikmati santai bersama pop corn.

Tapi sepertinya kurang adil jika menyematkan film-film populer tidak akan bisa mendapatkan penghargaan bergengsi karena film Star Wars, ET, Titanic, Ben-Hur, Gone With The Wind juga laris dan memborong banyak penghargaan. Demikian sebaliknya, film laris penghargaan biasanya tidak diminati penonton awam.

Jika pun tidak meraih piala Golden Globe dan Oscar, masih banyak penghargaan lain seperti MTV Movie Award dan People’s Choice Award yang juga banyak memasukkan film populer. Di Indonesia sejak tahun ini juga ada penghargaan untuk film-film box office. Nama penghargaannya adalah Indonesian Box Office Movie Award (IBOMA). Yang masuk nominasi adalah film-film yang ditonton lebih dari sejuta penonton. Tahun kemarin sih lumayan banyak ada Ngenest, Comic 8 Part I Casino Kings, dan lain-lain. Tahun ini juga bakal lebih banyak film Indonesia yang masuk nominasi karena ada banyak film yang laris seperti AADC 2, Rudy Habibie, ILY, Warkop DKI, My Stupid Boss, London Love Story dan kawan-kawan.

Gambar dari satu|dua|tiga

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada November 15, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: