Animasi Indonesia Apa Kabar?

Pada suatu ketika

Setelah Battle of Surabaya, belum ada lagi film animasi layar lebar karya anak negeri yang menarik perhatian. Sebelumnya sempat beredar trailer animasi tokoh komik yang cukup populer, si Juki, tapi tanggal edarnya belum jelas. Apakah animasi Indonesia pada tahun-tahun mendatang prospeknya akan lebih cerah?

Saya salah satu pecinta animasi yang berupaya untuk obyektif Ketika Battle of Surabaya hadir saya tidak terlarut dengan euforia. Gagasan ceritanya memang bagus tentang salah satu pertempuran mempertahankan kemerdekaan di kota Surabaya dengan melibatkan pembawa pesan. Namun, saya agak kurang sreg dengan alur cerita dan coretan gambarnya yang kurang khas Indonesia.

Perkembangan film animasi di Indonesia memang mulai nampak kemajuan pada lima tahun terakhir, terutama pada serial layar gelas. Kalau untuk layar lebar, sepertinya masih jalan di tempat. Yang rajin dibuat animasi malah sosok singa yang merupakan ikon sebuah produk.

Adit sopo jarwo

Untuk serial animasi sudah ada beberapa yang ditayangkan di televisi. Yang paling banyak dipuji adalah kisah Adit Sopo Jarwo dimana kualitas gambarnya sudah mumpuni. Kisah-kisah yang diangkat adalah kisah keseharian sehingga penonton merasa dekat dengan tokoh dan ceritanya.

Hanya kesan bully pada satu tokoh pada film Adit Sopo Jarwo ini masih melekat. Ada hitam putih di sini, satu kelompok dianggap pembawa kebenaran, kelompok lainnya sering berbuat salah. Mungkin karena film anak-anak jadinya hitam putih itu kuat, meskipun kadang-kadang dan sangat jarang tokoh antagonis menjadi baik.

Pada lima tahun silam, netizen sempat dihebohkan dengan animasi pendek berjudul Pada Suatu Ketika yang grafisnya sudah halus dan penggambarannya cukup detail. Sebuah kisah warga di pasar yang dihebohkan dengan kehadiran pesawat alien.

Pada suatu ketika

Ceritanya pada awal film sudah menarik, tentang bagaimana sebuah pasar yang sibuk. Ada musik dari radio berkumandang, lagu Perdamaian.

Selanjutnya, seorang pria lanjut usia nampak asyik mempersiapkan mienya, menambahkan kecap untuk siap disantap. Tapi kemudian siaran radio itu terganggu, barang di sekitarnya gemetar. Mienya pun ikut bergetar membuatnya kebingungan.

Bukan hanya mie dan barang-barang di sekitarnya yang bergetar, bumi pun ikut. Apakah ada gempa bumi? Ternyata bukan.

Pada suatu ketika

Pada suatu ketika

Penasaran lelaki tua itu mendongak dan melihat langit yang semakin gelap. Ia dan seisi warga di pasar terheran-heran memandang langit. Ada sebuah piring terbang raksasa.

Belum hilang rasa terkejut mereka ada sebuah kehebohan yang terjadi akibat kehadiran pesawat alien tersebut. Benda-benda menjadi seolah-olah hidup. Sebuah bajai bertransformasi menjadi robot ala film transformer, demikian pula sepeda dan bus. Wah..wah..wah bagaimana jika setiap kendaraan berubah menjadi robot, apa yang terjadi?

Robot bermunculan

Bengong

Walaupun saya kurang suka dengan separuh ceritanya tapi saya mengakui salut dengan kualitas gambarnya. Bagus banget. Layak untuk dilayarlebarkan. Animasi pendek karya Lakon Animasi tahun 2011 ini digembor-gemborkan punya sekuel, tapi belum tahu kapan dirilisnya. Rupanya Lakon Animasi adalah sebuah komunitas yang lebih berfokus pada pelatihan pembuatan animasi di Surakarta.

Film animasi menurur saya sebuah bisnis yang menggiurkan. Negara Tiongkok sudah mulai banyak merilis film animasi, tidak mau kalah dengan Jepang. Malaysia dan Singapura juga sudah mulai merilisnya sejak beberapa tahun silam.

Animator Indonesia sebenarnya sudah memiliki kemampuan yang setara dengan animator luar negeri, hanya perlu diberi dorongan dan kesempatan untuk lebih banyak unjuk gigi. Animasi sendiri tidak harus dalam bentuk film, juga bisa diwujudkan dalam bentuk iklan, materi pengajaran dan sebagainya.

Saya optimis suatu saat dunia animasi Indonesia akan punya tempat di kalangan pecinta film. Oh ya berikut video Pada Suatu Ketika yang diedarkan via youtube:

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 5, 2016.

12 Tanggapan to “Animasi Indonesia Apa Kabar?”

  1. film animasi (lupa namanya) Di indosiar karya anak bangsa yg menceritaan tentang kehidupan prilaku anak, tetangga Dan keluarga indonesia . animasi pembuatannya mahal Tapi ekslutif sehingga products mengunakan sebagai iklan products maupun iklan masyarakat

  2. saya sebagai boleh dibilang penggemar animasi, baik dari jepang, amerika dan lain2nya.
    boleh dibilang film animasi di indonesia sebenarnya kualitas grafisnya cukup bagus. cuma yang saya paling merasa kurang adalah cerita.

    mungkin karena pemikiran orang indonesia animasi atau kartun adalah buat anak2 jadi ceritanya kebanyakan yah begitu.
    saya kadang nonton Adit Sopo Jarwo kualitas grafisnya lumayanlah dibanding beberapa tahun yang lalu, cuma yuang paling saya kurang suka adalah tokoh utamanya yang terlalu sangat sempurna

  3. Wah sekarang jadi tahu akun youtubenya di Lakon Studio dari baca ini. Keep writing!! 😅

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: