Aneka Minuman dari Pewarna Alami

Indonesia surga akan tanaman tropis. Dari beragam tanaman tersebut, beberapa di antaranya sedap untuk dibuat minuman dan memberikan warna secara alami. Ada yang memberikan warna kuning, ungu, merah, ungu, dan biru. Indah. Tanaman apa saja yang bisa diolah jadi minuman dan memiliki warna yang indah?

Minuman bisa dibuat dari buah-buahan dengan cara dijus dan menghasilkan rasa yang lezat dan warna yang indah Ada warna ungu dari buah anggur, merah keunguan dari buah naga, merah dari stroberi, kuning dari jeruk, markisa atau nenas, serta hijau muda dari buah alpukat.

Selain dari buah-buahan, minuman dengan pewarna alami bisa didapatkan dari bunga, daun, dan akar-akaran. Yang sudah umum adalah warna kekuningan dari jahe dan sereh. Setelah direbus agak lama, maka air rebusan akan berubah menjadi kekuningan. Air rebusan jahe dan sereh ini enak jika dicampur dengan teh atau kopi. Rasanya segar dan hangat di tenggorokan, cocok untuk musim hujan ini.

Untuk warna merah bisa didapatkan dari batang secang. Minuman secang ini sedap dan memiliki warna merah menawan. Minuman dari batang secang ini juga kaya manfaat. Ia kaya antioksidan dan kaya vitamin C.

Yang warnanya juga indah, yaitu merah agak keunguan adalah bunga rosella. Rasanya asam, enak diminum hangat ataupun dingin. Dulu sering banget mengonsumsi minuman ini jika pulang ke kampung halaman di Malang. Minuman dari bunga rosella ini kaya vitamin C dan juga kaya antioksidan.

Ada lagi nih minuman dari bunga, namanya bunga telang. Jika direbus maka airnya akan berubah menjadi warna biru yang indah. Minuman ini kaya akan asam amino dan juga bisa digunakan sebagai detoks. Oh ya jika minuman ini diberi jeruk nipis maka warnanya bakal berubah jadi ungu muda. Cantik. Sekarang minuman ini juga dibuat ala teh celup, sehingga praktis.

Sebenarnya masih banyak lagi minuman dari dedaunan, bunga, dan buah. Wah enak ya hidup di Indonesia karena kaya akan flora yang bermanfaat, selain nikmat diminum juga memiliki khasiat baik bagi tubuh.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Januari 22, 2018.

2 Tanggapan to “Aneka Minuman dari Pewarna Alami”

  1. Sekarang juga udah ada nasi bunga Telang nih. Jadi biru nasinya. Cakep. Hehe siapa tahu bisa jadi rekomendasi para ibu agar anak doyan makan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: