Kotak Kenangan

Ia bercerita jika ia tak pernah berganti pekerjaan, meski ia tak tahu alasannya. Ia kemudian balik bertanya kepadaku. Aku sendiri ingin memberikan banyak alasan. Sebenarnya aku tak juga berharap berganti pekerjaan. Namun, aku bersyukur apapun itu memberikan banyak kenangan kepadaku. Dan ketika aku membuka kembali kotak kenangan yang kusimpan sejak ku kuliah, aku tersenyum lebar.

Dulu aku menyebutnya kotak harta karun. Meski ya tidak ada benda yang benar-benar berharga dalam definisi umum di sana. Kotak itu sebenarnya sudah kumiliki sejak SMA. Kotak dari kardus biasa. Isinya masa itu sangatlah biasa. Kadang kartu pos dari kawan, oleh-oleh jika teman bepergian, kartu ucapan ulang tahun, potongan tiket konser dan sebagainya.

Ketika aku kuliah, kotak itu kubawa. Isinya tak banyak berubah. Palingan adalah gantungan kunci dan merchandise dari acara ini itu.

 

Kotak harta karunku itu kemudian berganti rupa sejak aku bekerja. Isinya menjadi penuh. Bahkan kemudian beranak. Isinya masih sama, potongan tiket konser yang semakin beragam karena aku sudah punya duit untuk menonton, rata-rata tiket orkestra. Kartu pos, tempelan kulkas, dan gantungan kunci juga semakin banyak dari oleh-oleh kawan maupun dari perjalanan yang telah kulakukan. Ya aku sengaja menyimpan beberapa merchandise dari perjalanan untukku sendiri yang ringan. Aku paling suka berupa kartu pos yang berupa sketsa, amplop surat dan tempelan kulkas.

Aku suka membongkar dan merapikannya. Saat proses membongkar dan merapikan tersebut, aku jadi teringat akan kenangan saat beraktivitas tersebut, saat menonton konser ataupun saat bepergian. Baik yang kondisinya buruk maupun yang menyenangkan dua-duanya adalah pengalaman yang berharga.

Mungkin jika aku tak berpindah-pindah pekerjaan aku tak punya kenangan yang beragam. Kenangan itu membuat hidupku berwarna.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada April 6, 2018.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: